Panduan Gaya Perbedaan Formal dan Semi Formal - Male Indonesia
Panduan Gaya Perbedaan Formal dan Semi Formal
Sopan Sopian | Looks

Sangat mudah untuk berpikir bahwa berpakaian istimewa itu mudah, hanya mengenakan setelan jas, bukan? Tetapi ketika Anda harus membangun gaya formal dan semi-formal, sebenarnya sedikit lebih rumit.

Photo by Minervastudio from Pexels

Sekali waktu, para tamu akan dikirim undangan resmi sebelum acara khusus. Undangan ini akan menjelaskan apakah diperlukan dasi hitam atau putih. Para pria tidak perlu khawatir apakah mereka akan berpakaian dengan pantas untuk kesempatan ini.

Sekarang, keistimewaaan busana untuk acara apa pun agak sulit untuk dicapai. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengatasi pencapaian dalam hal gaya ketika menghadiri sebuah acara. Mengutip laman Royalfashionist, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang mengidentifikasi perbedaan antara pakaian formal dan semi-formal, dan memastikan bahwa Anda berpakaian dengan tepat untuk setiap kesempatan.

Berpakaian untuk Acara Formal
Pada intinya, balutan formal membutuhkan dasi hitam atau dasi putih. Bagian penting yang harus dimiliki setiap pria jika ingin mengenakan pakaian formal adalah jaket tuksedo yang pas. Ini harus selalu dipasangkan dengan celana koordinasi dan kemeja putih bersih.

Anda harus selalu membeli tuksedo, jangan pernah menyewanya. Tidak ada yang lebih buruk daripada jaket tuksedo yang terlalu kaku dan tidak pas yang telah diambil dengan cepat dari penyewaaan Jika Anda menghadiri banyak acara formal maka ambillah risiko dan lakukan investasi. Saat membeli jaket tuksedo, pas adalah segalanya. 

Aksesoris yang Tepat
Sekarang saatnya untuk berbicara tentang ikatan simpul. Banyak orang percaya bahwa Anda harus mengenakan dasi kupu-kupu putih ke acara 'dasi putih' dan dasi kupu-kupu hitam ke acara 'dasi hitam', tetapi sebenarnya ini adalah mitos. 

Anda dapat mengenakan dasi kupu-kupu warna apa saja yang Anda sukai, atau bahkan memilih dasi warna yang berbeda jika Anda merasa berani, asalkan pakaian lainnya sesuai acara formal yang ingin Anda datangi.

Berpakaian untuk Acara Semi-Formal
Jika Anda telah menetapkan bahwa kode berpakaian untuk suatu acara bersifat semi formal, artinya Anda bisa mengenakan tuksedo dan dasi dari lemari Anda. Tapi itu tidak berarti saatnya untuk melepas jeans dan sepatu kets Anda.

Semi-formal adalah kode pakaian sendiri, dan karena aturan berpakaian semi-formal kurang jelas, mungkin lebih sulit untuk mendapatkan yang benar daripada acara formal tradisional. 

Anda bisa menempelkan jas yang pas dengan tubuh Anda, karena itu bisa menarik perhatian. Berbeda hal dengan tuksedo, dengan mengenakan jas Anda bisa lebih sedikit bebas dengan warna. Bisa mengenakan warna abu-abu, biru, bahkan merah tua jika Anda menyukai warna itu.

Aksesoris yang Tepat
Jika Anda tidak suka dengan dasi, kabar baiknya dalam gaya semi-formal ini Anda bisa membuangnya dari gaya Anda. Artinya, Anda tidak perlu mengenakannya, simpan saja di lemari Anda untuk kebutuhan lain.

Saat mengenakan gaya semi-formal, Anda jangan lupa dengan sepatu. Selain menambah penampilan Anda lebih keren, juga wanita akan melihat Anda dari sepatu yang dikenakan Anda. Selain itu, sepatu juga bisa membuat atau menghancurkan pakaian Anda. Jadi pilih yang benar.

Untuk acara semi formal, sepatu Anda harus tetap dari kulit dan formal, tetapi tidak harus paten. Aksen hitam atau coklat gelap yang sangat halus atau derby akan terlihat bagus dan akan memberikan kesempatan yang bagus untuk memamerkan kredensial gaya Anda. *** (SS)

SHARE