Ada Bahaya Backup Pesan WhatsApp di Cloud - Male Indonesia
Ada Bahaya Backup Pesan WhatsApp di Cloud
Sopan Sopian | Digital Life

Sejauh ini sebagai aplikasi yang banyak digunakan, WhatsApp masih terbilang cukup aman. Pasalnya, WhatsApp sendiri merupakan aplikasi chatting yang sudah menerapkan sistem enkirpsi untuk pesan layanannya.

Photo by Alok Sharma from Pexels

Oleh karena itu, pesan yang ada di dalam aplikasi besutan Facebook ini sulit untuk diretas atau di ketahui oleh pihak lainnya. Akan tetapi, sebenarnya ada celah keamanan yang memungkinkan pihak lain untuk mengintip pesan di WhatsApp. Salah satunya adalah ketika melakukan pencadangan (backup) di cloud.

Untuk di ketahui, pesan WhatsApp yang di cadangkan di cloud baik di Google Drive atau iCloud yang memang tidak di enkripsi. Oleh sebab itu, file itu bisa di akses oleh pihak lain yang beresiko di gunakan untuk di salah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Meski begitu di lansir dari BCC, hal tersebut baru bisa di lakukan jika ada pihak lain yang menerobos masuk ke akun cloud pengguna. Untuk itu, buat pengguna yang kerap memanfaatkan layanan cloud untuk mencadangkan pesan di WhatsApp harus mematikan keamanan akun yang di gunakannya.

Meskipun terlihat berbahaya, para pengguna WhatsApp sebenarnya masih bisa memakai aplikasi milik Facebook tersebut dengan tetap memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Pakai Two-Step Verification untuk menjamin keamanan akun, kemudian tidak sembarangan mengklik pesan di WhatsApp yang mencurigakan, dan selalu pakai aplikasi resmi WhatsApp.

Hal-hal tersebut harus Anda perhatikan agar akun WhatsAPp Anda aman dari intaian hacker yang bisa saja masuk tanpa permisi dan menyalahgunakan isi pesan WhatsApp-Anda.

Di sisi lain, belakangan ini WhatsApp juga dikabarkan tengah berencana menghadirkan layanan transaksi mobile miliknya di Indonesia. Lebih lanjut, dengan 260 juta penduduk dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia merupakan salah satu dari lima pasar global terpenting bagi WhatsApp. Saat ini, lebih dari 100 juta pengguna WhatsApp berasal dari Indonesia.

Selain itu, industri e-Commerce Indonesia diprediksi bakal meningkat tiga kali lipat menjadi USD 100 miliar pada 2025. Namun demikian, Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan peraturan pembayaran digital ketat di dunia. *** (SS)

SHARE