Jorogumo, Wanita Laba-Laba Pemangsa Pria Muda - Male Indonesia
Jorogumo, Wanita Laba-Laba Pemangsa Pria Muda
Gading Perkasa | Story

Banyak sekali hantu cantik yang muncul dalam mitologi Jepang, di mana bisa membuat siapa saja merinding. Dan dari sekian banyak hantu berwujud wanita, ada yokai yang dikenal dengan nama Jorogumo. Sosoknya disebutkan sering memangsa pria muda yang tengah mencari pasangan hidup.

Photo by haqim osman on Unsplash

Seperti dilansir dari Japanese Station, menurut cerita masyarakat setempat, ketika seorang Jorogumo menemukan pria yang dirasa cocok, ia kemudian akan mengundang pria tersebut ke rumahnya, dan biasanya para korban tidak pernah terlihat lagi.

Makhluk itu dapat menciptakan benang sutra yang cukup kuat untuk menjerat orang dewasa, sehingga korbannya tidak bisa melarikan diri. Ia juga memiliki racun yang mampu melemahkan seorang pria.

Pada dasarnya, Jorogumo merupakan wujud hewan laba-laba. Ukuran tubuh mereka rata-rata antara dua hingga tiga sentimeter, namun mereka bisa tumbuh jauh lebih besar seiring bertambahnya usia, dan umum ditemukan di seluruh kepulauan Jepang, kecuali di Pulau Hokkaido.

Sosoknya yang dapat berubah menjadi wanita cantik dan menggoda pria muda, membuat masyarakat Jepang kerap menjulukinya sebagai wanita laba-laba.

Mereka hidup dengan cara menyendiri, baik sebagai laba-laba maupun yokai. Namun ketika telah mencapai usia 400 tahun, makhluk itu akan mulai mengembangkan kekuatanya dan mencari pria untuk dimangsa.

Jorogumo membuat sarang di gua, hutan, bahkan rumah kosong yang ada di perkotaan. Saking kuatnya, mereka juga bisa mengendalikan laba-laba lain yang lebih lemah, dan menggunakan laba-laba api untuk membakar rumah orang-orang yang curiga kepada mereka.

Umumnnya, Jorogumo mempunyai otak yang cerdik dan berhati dingin. Mereka memandang manusia tidak lebih dari serangga yang layak dimakan. Mereka juga dikenal sebagai penipu ulung dan bisa berubah bentuk, biasanya mereka berubah menjadi wanita muda, cantik, dan tentu saja, seksi, demi menarik perhatian pria.

Karena itu, tidak heran jika kemudian ada begitu banyak pria muda yang mudah terjerat setelah melihat sosok palsu makhluk tersebut. Masuk ke dalam perangkap, para pria lalu menjadi santapan empuk bagi Jorogumo. [GP]

SHARE