Sisi Misterius Gurun Namib di Pantai Afrika Barat - Male Indonesia
Sisi Misterius Gurun Namib di Pantai Afrika Barat
MALE ID | Relax

Anda pernah mendengar kisah gurun pasir paling tua di dunia bernama Namib? Ya, Gurun Namib ini terkenal dengan lingkaran-lingkaran hitam di sekelilingnya.

Photo: Pixabay

Seperti dilansir dari laman BBC Travel International, Gurun Namib terletak di Pantai Afrika Barat. Sebagai salah satu tempat paling kering di dunia, gurun ini memiliki luas 81 ribu kilometer persegi.

Gurun Namib membentang sepanjang 1.200 mil atau sekitar 1.931 kilometer di pesisir Samudra Atlantik di Angola, Namibia, dan Afrika Selatan, hingga ke Western Cape. Bagian gurun yang terletak di ujung utara dikenal sebagai Gurun Mocamedes, sementara bagian selatan berbatasan dengan Gurun Kalahari.

Iklim kering yang mendominasi kawasan tersebut telah ada selama sekitar 55 juta tahun, sebelum berubah menjadi iklim semi kering sekitar 14 hingga 18 juta tahun yang lalu.

Sebagian kawasan Gurun Namib kaya akan berlian, sehingga ditetapkan sebagai area dilindungi dan tertutup dari akses publik. Gurun Namib juga memiliki bukit pasir tertinggi di dunia, tingginya bahkan mencapai lebih dari 390 meter dan bisa dilihat dari ruang angkasa.

Kesan misterius dari gurun ini mulai tampak ketika Anda melihat bagian pasirnya seolah jatuh ke laut lepas.

Menjadi bagian paling kering, Gurun Namib hanya mengalami curah hujan satu tahun sekali. Yang menjadi tanda tanya besar adalah kemunculan fairy circle atau lingkaran peri di Gurun Namib.

Sampai saat ini, kemunculan lingkaran cincin masih menjadi misteri. Warga lokal Himba percaya bahwa lingkaran tersebut adalah jejak kaki Tuhan. Namun tidak sedikit pula yang menganggap lingkaran itu merupakan buatan UFO.

Photo: MaxPixel

Banyak teori yang mencoba menjelaskan fenomena unik di Gurun Namib. Di antaranya persaingan akar dan rumput yang kemudian membentuk lingkaran usai mengambil nutrisi dan air dari gurun. Ketika mengering, lingkaran ini akan menghilang kemudian muncul kembali saat hujan turun.

Walau dipenuhi aura mistis, terdapat beragam fauna yang tinggal di gurun ini. Sebut saja zebra, oryx, burung unta dan masih banyak lagi.

Banyak wisatawan yang penasaran dan tertarik untuk datang langsung ke Gurun Namib. Apakah Anda juga mau pergi ke sana? [GP]

SHARE