Jaringan WiFi 6, Seberapa Hebat Kemampuannya? - Male Indonesia
Jaringan WiFi 6, Seberapa Hebat Kemampuannya?
Gading Perkasa | Digital Life

Teknologi jaringan koneksi WiFi 6 memang pada awal tahun 2019 sudah mulai tersedia di beberapa perangkat koneksi internet, seperti router dan sejenisnya serta motherboard PC. Dan kini, teknologi tersebut bakal segera tersedia di berbagai perangkat.

Photo: PxHere

Asosiasi nirlaba WiFi Alliance meluncurkan program sertifikasi WiFi 6. Program ini bakal mendukung perangkat yang ingin memiliki kecepatan koneksi WiFi 6 atau 802.11ax untuk bisa diproduksi dengan standar teknologi yang sejajar.

Nantinya, setiap produsen perangkat yang mendapatkan sertifikasi WiFi 6, maka mereka berhak untuk mencantumkan label atau badge WiFi di kemasan produknya. Hal itu cukup penting bagi produsen yang selama ini ingin memiliki dukungan koneksi WiFi 6 tapi belum tahu mengenai standar industri yang dibutuhkan.

Sebagaimana dinukil dari CNET, jaringan WiFi 6 diklaim memiliki empat keuntungan. Pertama adalah transfer data koneksi internet yang lebih tinggi. Kedua, bandwidth yang lebih besar. Ketiga, performa yang lebih saat terhubung ke berbagai perangkat, dan keempat efisiensi daya yang jauh lebih baik.

Disebutkan bahwa kecepatan internet WiFi 6 juga 40 % lebih kencang dari WiFi 5. Tentu saja performa tersebut akan tergantung dari masing-masing penyedia layanan internet, namun CNET sempat melakukan pengujian atas kecepatan WiFi 6.

CNET melakukan percobaan dengan mengunduh 22 judul film dari Marvel Cinematic Universe beresolusi 4K dalam format Blu-ray. Koneksi internet WiFi 5 dengan kecepatan tertinggi berada di angka 938 Mbps, dan disebut membutuhkan waktu unduh selama tiga jam 45 menit.

Sementara itu, ketika menggunakan koneksi WiFi 6 yang kecepatan tertingginya berada di angka 1.320 Mbps atau 1,3Gbps, hanya membutuhkan waktu unduh selama dua jam 40 menit. Dijelaskan bahwa WiFi 6 juga mampu menyediakan koneksi lebih cepat untuk banyak perangkat hanya menggunakan sible channel.

Peningkatan lain yang dibawa ada pada jangkauan sinyal WiFi yang semakin luas dan latensi lebih rendah. Proses ping dari perangkat yang terhubung ke WiFi juga diklaim semakin efisien sehingga konsumsi baterai lebih hemat.

Tidak lama lagi, seluruh pengguna internet dapat menikmati kecepatan jaringan WiFi 6 yang super cepat. Kita tunggu saja kelanjutannya. [GP]

SHARE