Cara Hemat Daya Baterai Android untuk Main Game - Male Indonesia
Cara Hemat Daya Baterai Android untuk Main Game
Sopan Sopian | Digital Life

Main game di Smartphone Android memang sangat bergantung dengan kemampuna dari baterai, pasti akan sangat menyebalkan jika pada saat sedang seru main game tiba-tiba lowbat, dan akhirnya mati. Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut? 

Photo by Pixabay from Pexels

Sebenarnya ada cara bagaimana agar baterai Smartphone Android ini tidak mudah lowbat pada saat digunakan main game, dan hal ini cukup mudah untuk Anda lakukan. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

Aktifkan Mode Hemat Baterai
Cara hemat baterai saat main game di Smartphone Android yang pertama adalah dengan mengakatifkan fitur atau mode hemat baterai. Saat banyak smartphone baru yang dibekali fitur tersebut oleh pabrikan, untuk mengaksesnya silahkan buka menu Pengaturan >> Baterai >> Power Saver Mode.

Atur Grafis Game Pada Tingkat Rendah
Didalam pengaturan game, pastinya pihak developer memberikan menu soal pengaturan gravis dari game tersebut. Nah jika ingin baterai Smartphone Android Anda tidak cepat boros, maka pilihlah kualitas grafis paling rendah.

Dengan begini maka smartphone tidak perlu bekerja keras untuk memberikan gambar HD dan mengkonsumsi banyak daya baterai.

Aktifkan Flight Mode
Flight Mode atau Mode penerbangan ini berlaku jika Anda menggunakan Wifi Area. Nah saat Anda berada di Wifi Area untuk koneksi internet, maka sebaiknya aktifkan mode ini. Selain bisa menghemat baterai Smartphone Android, cara ini juga efektif untuk menangkal panggilan telepon yang bisa saja mengganggu aktifitas permainan game Anda.

Turunkan Kecerahan Layar
Cara lainnya untuk menghemat baterai Smartphone Android saat main game adalah menurunkan tingkat kecerahan di layar smartphone. Sebenarnya hal ini sudah bukan rahasia lagi, bahwa tingkat kecerahan juga berpengaruh dengan konsumsi daya baterai. Semakin rendah tingkat kecerahan yang dihasilkan, semakin rendah pula konsumsi baterainya.

Nonaktifkan Volume Game
Selanjutnya dari tingkat volume game juga wajib dikurangi atau sebisa mungkin dinonaktifkan. Rata-rata pengguna smartphone tidak menyadari akan hal ini dimana suara bisa membebani performa baterai cukup signifikan, maka dari itu matikan volume game untuk menghemat konsumsi daya baterai. *** (SS)

SHARE