Jawab Pertanyaan Ini Jika Ingin Kerja dari Rumah - Male Indonesia
Jawab Pertanyaan Ini Jika Ingin Kerja dari Rumah
MALE ID | Works

Bekerja dari rumah menjadi semakin populer di tempat kerja. Menurut survei terbaru oleh  WorldatWork  dan  FlexJobs , 80 persen perusahaan saat ini menawarkan pengaturan kerja yang fleksibel untuk karyawan mereka, termasuk opsi untuk sesekali melakukan telework atau kerja jarak jauh.

Photo by Burst from Pexels

Meskipun banyak dari program-program ini bersifat diskresioner dan berdasarkan ad-hoc, hampir setengah dari pengusaha yang mengizinkan pekerjaan jarak jauh mengatakan bahwa telekomunik sama produktifnya dengan karyawan kantor. Tetapi apakah pengaturan kerja jarak jauh initepat untuk Anda?

Mengutip laman Businessnewsdaily, sebelum Anda memutuskan untuk bekerja jarak jauh atau bekerja dari rumah, jawab dulu beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apakah saya senang menghabiskan waktu yang lama sendirian?
2. Apakah saya disiplin dan memotivasi diri?
3. Apakah saya percaya diri bekerja tanpa pengawasan?
4. Apakah saya nyaman berkomunikasi dengan kolega saya melalui email, obrolan, konferensi video, dll. Daripada bertatap muka?
5. Apakah saya memiliki tempat yang tenang, bebas gangguan di rumah untuk fokus pada pekerjaan saya?
6. Akankah kerja jarak jauh membantu saya mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang saya inginkan?

Jika jawabannya "ya" untuk semua ini, kerja jarak jauh bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pertimbangkan Kepribadian Anda
Scott Boyar, seorang profesor di Departemen Manajemen, Sistem Informasi dan Metode Kuantitatif di  University of Alabama di Birmingham, mengatakan bahwa seorang karyawan yang berhasil bekerja dari rumah tergantung pada orangnya, pekerjaan dan pelatihan yang disediakan organisasi untuk individu dalam melakukan peran itu dari jarak jauh.

Beberapa profesional mungkin tidak memiliki kepribadian yang cocok untuk bekerja jarak jauh, baik itu beberapa kali seminggu atau beberapa kali dalam sebulan. 

"Cara terbaik untuk menentukan apakah Anda siap adalah dengan melakukan audit nyata atas kemampuan dan keterampilan Anda," kata Sara Sutton Fell, CEO dan pendiri FlexJobs.  

"Saya merekomendasikan untuk berbicara dengan orang lain yang bekerja dari rumah secara teratur, untuk mengetahui sudut pandang mereka tentang seperti apa sebenarnya dan apa yang dapat Anda harapkan," tambah Sutton Fell. *** (SS)

SHARE