Kawasaki Siap Segarkan Naked Bike Mereka - Male Indonesia
Kawasaki Siap Segarkan Naked Bike Mereka
MALE ID | Sport & Hobby

Kawasaki memberikan isyarat bakal menghadirkan produk baru. Dalam video pendek mereka yang berjudul ‘Supercharged Breaking News’, terdapat logo Z dengan latar belakang animasi bilah fan supercharger. Itu bisa menandakan produk yang hendak meluncur dari keluarga Z, dan menggunakan teknologi supercharger.

Photo: wikimedia commons

Di video tersebut, Kawasaki tidak banyak memberikan informasi secara detail. Hanya saja, suara yang dikeluarkan mirip raungan mesin khas Kawasaki Ninja H2. Banyak pihak beranggapan, mesin 998 cc milik H2 dibenamkan di Z1000. Dengan kata lain, Kawasaki Z1000 Supercharged merupakan versi naked dari H2.

Agaknya wajar bila produk Z1000 dijadikan objek utama. Pasalnya, motor ini belum mendapat penyegaran selama kurang lebih empat tahun, baik dari segi tampilan maupun mesin.

Alasan lainnya, hingga saat ini, garis keturunan Z terbaru berhenti di Z900. Jika itu benar terjadi, maka deretan motor tercepat akan bertambah. Sebelumnya, ada Suzuki Hayabusa, BMW S1000 RR HP4, Yamaha R1 serta Ducati Panigale V4.

Bicara mengenai spesifikasi, Kawasaki diprediksi masih mempertahankan konfigurasi 4-silinder inline 998 cc supercharger. Menggunakan 16 klep, atau masing-masing silinder 4 katup didukung dua injektor untuk mengimbangi derasnya suplai udara.

Di sektor dapur pacunya mampu menghasilkan torsi maksimum mencapai 141 Nm di kitiran 11.000 Rpm dan puncak tenaga sebesar 231 HP pada 11.500 Rpm.

Performanya itu diperoleh lewat silang teknologi dengan saudara kembarnya, Ninja H2 SX. Karena mendapat pembaruan komponen seperti filter udara, intake chamber, busi dan ECU.

Kecepatan tertinggi Kawasaki Ninja H2 bisa menembus angka 337 km/jam. Sistem transmisi mengandalkan 6-percepatan manual berteknologi Dog-ring, atau sistem yang biasa dipakai di motor balap MotoGP.

Sasis yang digunakan juga sangat kuat, mengadopsi dari H2 atau Z900 yang sudah dioptimalkan. Sektor stabilitas, ada handlebar yang dibantu electronic steering damper dari Ohlins.

Lalu pada suspensi depan, disematkan upside down 43 mm, sementara belakang menggunakan Ohlins TTX36. Rem pakai lansiran Brembo dengan piringan semi-floating 330mm, dan 250mm di belakang. Kaliper monoblok menerapkan radial-mounted.

Disinyalir Kawasaki Z Supercharger siap dirilis di pameran megah Tokyo Motor Show 2019 yang jatuh pada Oktober nanti. Atau mengawali debutnya di EICMA 2019, Milan, Italia. [GP]

SHARE