Teratur Konsumsi Vit C, Dapatkan Manfaat Ini  - Male Indonesia
Teratur Konsumsi Vit C, Dapatkan Manfaat Ini 
MALE ID | Sex & Health

Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan yang berwarna kuning, seperti jeruk, paprika dan strawberry.

Photo by PhotoMIX Ltd. from Pexels

Seperti yang dilansir dalam Webmd menyebutkan bahwa Vitamin C dapat mencegah flu dan batuk. Manfaat lain dari konsumsi Vitamin C juga dapat mencakup perlindungan terhadap defisiensi sistem kekebalan, penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan prenatal, penyakit mata, dan bahkan baik untuk kulit.

Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, diperlukan untuk pertumbuhan, pengembangan dan perbaikan semua jaringan tubuh. Ini bermanfaat untuk banyak fungsi tubuh, termasuk pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, pemeliharaan tulang rawan, tulang, dan gigi.

Selain itu, vitamin C merupakan salah satu dari banyak antioksidan yang dapat melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, serta bahan kimia beracun dan polutan seperti asap rokok. Radikal bebas dapat menumpuk dan berkontribusi pada perkembangan kondisi kesehatan seperti kanker, penyakit jantung dan radang sendi.

Banyak penelitian berbasis populasi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat menurunkan resiko terkena kanker, termasuk kanker kulit. Tapi makanan yang dikonsmsi juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan antioksidan, tidak hanya vitamin C, sehingga tidak mungkin untuk mengatakan dengan pasti bahwa hanya vitamin C yang melindungi terhadap kanker. Di sisi lain hanya mengambil suplemen vitamin C, belum terbukti memiliki efek bermanfaat.

Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh (kelebihan jumlah diekskresikan) sehingga overdosis bukan masalah. Tetapi tetap penting untuk tidak melampaui batas aman konsumsi vitamin C harian untuk menghindari sakit perut dan diare. Vitamin C mudah diserap baik dalam makanan maupun dalam bentuk pil, dan dapat meningkatkan penyerapan zat besi ketika keduanya dimakan bersama.

Untuk diketahui, kekurangan vitamin C relatif jarang, dan terutama terlihat pada orang dewasa yang kekurangan gizi. Dalam kasus-kasus ekstrem, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit seperti kudis yang ditandai dengan kelemahan, anemia, memar, pendarahan, dan gigi lepas. *** (SS)

SHARE