Musik Lokal Era 90an yang Tak Lekang oleh Waktu - Male Indonesia
Musik Lokal Era 90an yang Tak Lekang oleh Waktu
MALE ID | News

Di tengah-tengah derasnya pergantian zaman dimana jagat belantika musik Indonesia berhiaskan wajah-wajah baru, masih banyak lagu lawas tetap enak di telinga pendengar dan tak lekang oleh waktu. Meski tahun demi tahun, musisi datang dan pergi silih berganti. Hal itu seolah menjadi suratan takdir, terutama bagi mereka yang tak mampu menghasilkan karya everlasting.


pixabay.com

Seperti yang telah diketahui, lagu yang dihasilkan para musisi tanah air era 90an sebelum invasi teknologi merajalela memang ‘berbeda’. Tengok saja video klip sederhana, lirik seolah polos namun jujur disertai musikalitas tinggi. Ketiga hal tersebut rasanya agak sulit ditemui pada lagu-lagu populer saat ini.

Karya para musisi tempo dulu selalu ada di hati, baik kini ataupun nanti. Bahkan mungkin berpuluh-puluh tahun lagi, kita tetap menyenandungkan lagu-lagu mereka tanpa rasa bosan. Penasaran lagu apa saja yang tak lekang oleh waktu? Langsung saja kita simak. Inilah dia.

Kangen (Dewa 19)

Merupakan lagu ciptaan band asal Surabaya yang sempat digawangi Ari Lasso, Dewa 19. Kangen dirilis pada 1992 silam, dan menjadi satu di antara sepuluh lagu terpopuler milik Dewa. Liriknya menceritakan kerinduan seorang pria terhadap wanita pasangannya. Siapapun yang besar di era 90an tentu dapat menyanyikan lagu ini dengan fasih bila diperdengarkan kembali.

Baca juga: 21 Tahun Sheila On 7 di Belantika Musik

Mahadewi (Padi)

Masih berasal dari Kota Pahlawan, kali ini giliran Padi yang menancapkan karyanya di hati para pecinta musik. Adalah Mahadewi, dirilis tahun 1999 di album Lain Dunia. Bercerita tentang pria yang mendambakan sesosok wanita selayaknya seorang dewi. Dengarkan permainan melodi sang gitaris, Piyu dalam lagu Mahadewi. Dijamin Anda akan mulai bernostalgia.

Bukan Pujangga (Base Jam)

Bukan Pujangga (1998) menjadi lagu terpopuler yang pernah dimiliki Base Jam, band kelahiran 15 Januari 1994. Pada masa kejayaannya, lagu ini adalah lagu wajib bagi mereka yang sedang berkumpul bersama teman, dimainkan menggunakan gitar. Meski Base Jam sudah bubar, lagunya tak lekang oleh waktu.

Dan (Sheila On 7)

Setahun sebelum memasuki tahun 2000, lagu Dan dirilis oleh Sheila On 7. Kemunculan band asal Yogyakarta ini seolah membawa angin segar bagi kancah musik tanah air di tengah gempuran musik beraliran cadas kala itu. Dan juga menjadi soundtrack film layar lebar Indonesia yang dibintangi Putri Marino serta Adipati Dolken, Posesif (2017). Walaupun, usia lagu tersebut sudah menginjak 20 tahun.**GP

SHARE