Adinia Wirasti, Banyak Cara Sineas untuk Bercerita - Male Indonesia
Adinia Wirasti, Banyak Cara Sineas untuk Bercerita
MALE ID | News

Sebagai pelaku industri film, Adinia Wirasti berharap semakin banyak sineas lokal yang menunjukkan karyanya di kancah perfilman dunia. Bintang film Ada Apa dengan Cinta (AADC) itu mengatakan saat ini banyak cara yang bisa dilakukan terutama oleh para sineas muda yang ingin menunjukkan karyanya di kancah dunia. Salah satunya dengan mengikuti kompetisi film.

"Kita ingin banyak cerita lokal yang berada di perfilman dunia. Sekarang ada banyak cara untuk membagikan cerita kita, tidak hanya dengan layar lebar yang prosesnya jauh lebih ribet," tutur Adinia Wirasti saat ditemui dalam acara jumpa pers HOOQ Filmmakers Guild musim ketiga, di Jakarta.

Adinia Wirasti mengatakan ajang kompetisi seperti yang dibuat oleh HOOQ bisa menjadi wadah untuk menyaring bakat-bakat baru di industri perfilman Indonesia. "Dengan adanya wadah seperti ini bisa membantu film maker yang tidak terkespos sebelumnya," ucap dia.

Baginya, naskah yang baik mampu menampilkan karakter kuat sang penulis. Hal ini pun jadi persayaratan bagi Adinia ketika akan menerima sebuah proyek film.

"Ketika ada karakter ketemu situasi akankah menjadi konflik atau enggak yang menjadikan premis. Ketika ceritanya dibilang menyentuh hati agak dramatic, tapi bikin aku jatuh hati," kata Adinia.

Adinia Wirasti yang juga bertindak sebagai salah satu juri dalam kompetisi tersebut berharap sineas Indonesia bisa keluar sebagai pemenang. "Untuk dipilih menjadi salah satu juri di wadah kreatif ini, aku senang banget. Karena kita tidak tahu ada cerita menarik apa di luar sana yang mungkin nggak berasal dari film maker," ujarnya.

Seperti diketahui, Adinia Wirasti memulai karier sebagai seorang model pada sebuah majalah remaja. Debut aktingnya terjadi melalui AADC.

Adinia Wirasti mendapatkan Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2005 untuk perannya dalam film Tentang Dia. Di film tersebut Adinia Wirasti berperan sebagai Rudy. Selain itu dia juga mendapat penghargaan pada Festival Film Bandung untuk film yang sama.

Pada tahun 2006, Adinia Wirasti kembali membuktikan kepiawaian aktingnya dalam film Dunia Mereka dan Ruang. Dan bulan Maret 2007 kembali dalam film terbarunya berjudul 3 Hari untuk Selamanya yang disutradarai oleh Riri Riza

Pada tahun 2013, Adinia Wirasti meraih penghargaan piala citra FFI sebagai Pemeran utama Wanita Terbaik dalam film Laura & Marsha. *** (SS)

SHARE