Sejarah Konsumsi Susu Hewan oleh Manusia - Male Indonesia
Sejarah Konsumsi Susu Hewan oleh Manusia
Sopan Sopian | Story

Para peneliti telah menemukan bukti langsung awal konsumsi susu di mana saja di dunia dari petani Inggris prasejarah. Tim peneliti, yang dipimpin oleh para arkeolog di University of York, mengidentifikasi protein susu, yang disebut beta lactoglobulin (BLG), terkubur dalam plak gigi mineral dari tujuh individu yang hidup dalam periode Neolitik sekitar 6.000 tahun yang lalu.

Photo by Alexas Fotos from Pexels

Plak gigi dapat menawarkan wawasan unik ke dalam diet orang-orang kuno karena protein makanan terperangkap di dalamnya ketika termineralisasi oleh komponen air liur untuk membentuk karang gigi atau 'kalkulus gigi'.

Penulis utama penelitian ini, Dr. Sophy Charlton, dari Departemen Arkeologi di University of York, mengatakan: "Fakta bahwa kami menemukan protein ini dalam kalkulus gigi individu dari tiga situs Neolitik yang berbeda mungkin menunjukkan bahwa konsumsi susu adalah praktik diet yang meluas di masa lalu.”

Bagaimana Mereka Meminum Susu?
Penemuan protein susu sangat menarik karena studi genetik baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang hidup saat ini belum memiliki kemampuan untuk mencerna laktosa dalam susu. 

"Untuk menyiasatinya, mungkin (mereka) hanya minum sedikit susu atau mengolahnya menjadi bahan makanan lain seperti keju (yang menghilangkan sebagian besar laktosa)," kata para peneliti seperti mengutip laman Ancient Origins.

Lebih lanjut, yang memungkinkan untuk konsumsi susu secara berkelanjutan hingga dewasa, adalah hasil dari mutasi genetik pada bagian DNA yang mengontrol aktivitas gen laktase. Namun, mekanisme di balik bagaimana dan kapan kita berevolusi, kemampuan ini tetap menjadi misteri.

Dr. Charlton juga menambahkan, karena meminum susu dalam jumlah yang sangat kecil akan membuat orang-orang dari periode ini benar-benar sakit, para petani awal ini mungkin telah memproses susu, mungkin menjadi bahan makanan seperti keju, untuk mengurangi kandungan laktosa-nya.

Perlu diketahui, sampel plak gigi manusia dalam penelitian ini adalah yang tertua yang dianalisis untuk protein purba. Hingga saat ini, secara global merupakan identifikasi paling awal dari protein whey susu BLG sejauh ini.

Periode Neolitik di Inggris berlangsung dari 4.000 hingga 2.400 SM dan menyaksikan munculnya peternakan, dengan penggunaan hewan peliharaan seperti sapi, domba, babi, dan kambing, di samping tanaman seperti gandum dan gandum. *** (SS)

SHARE