Menjaga Sepatu Sneakers Agar Tidak Bau Kaki - Male Indonesia
Menjaga Sepatu Sneakers Agar Tidak Bau Kaki
MALE ID | Looks

Apakah Anda terganggu dengan bau kaki yang ada di sepatu sneakers dan masih bingung untuk menghilangkannya? Memang, bau kaki sering timbul karena adanya beberapa faktor. 

Photo by Mnz from Pexels

Misalnya saja, Anda terlalu sering menggunakan sneakers yang sama, infeksi jamur atau bakteri, kaki yang cenderung tertutup sehingga udara sulit untuk masuk, dan banyak lagi. Nah, berikut ini ada cara mudah menjaga sepatu sneakers agar tidak bau kaki. Antara lain:

Selalu pilih sepatu sneakers yang pas digunakan
Jangan pernah Anda memakai sepatu yang tidak nyaman, karena itu akan bikin kaki Anda berkeringat lebih dari biasanya. Ingatlah untuk selalu mencoba sepatu sebelum membeli. Tidak usah ragu mengunjungi spesialis kaki jika mulai terasa sakit akibat pemakaian sepatu tertentu.

Bahan sepatu sneakers juga berpengaruh
Bahan pada sepatu sneakers juga memengaruhi timbulnya keringat pada kaki. Bahan yang sintetis biasanya tidak akan membiarkan udara masuk ke sepatu. Beberapa bahan yang baik untuk dipakai yaitu katun, linen, kulit, serta rami.

Rajin mengganti sneakers secara berkala
Hindari memakai sepatu sneakers yang sama dalam waktu dua hari berturut-turut. Ini akan membuat udara lebih sedikit masuk. Akibatnya, sneakers menjadi bau kaki.

Sering menjemur sneakers
Jangan malas untuk menjemur sepatu sneakers Anda saat cuaca cerah. Ini adalah cara paling ampuh membuat sneakers Anda senantiasa segar dan tidak berbau.

Mendinginkan sneakers
Menurut Anda memasukkan sneakers ke dalam kulkas terbilang ekstrem? Kalau begitu, coba letakkan sneakers di luar ketika cuaca sedang dingin, sekitar empat hari.

Jika Anda ingin memakainya kembali, jangan lupa diamkan terlebih dahulu sepatu Anda selama satu jam di dalam rumah supaya hangat dan nyaman dikenakan.

Cuci kaki dengan sabun anti bakteri
Kalau bau kaki Anda disebabkan oleh jamur dan bakteri, rajinlah selalu mencuci kaki Anda dengan sabun anti bakteri agar penyebab bau tersebut hilang.

Pakai deodoran
Barangkali terdengar aneh untuk dicoba, tapi harap diingat kalau kaki juga berkeringat. Jadi tidak ada salahnya anda membeli deodoran yang khusus dipakai pada kaki Anda. Oleskan deodoran ke kaki setiap pagi, sebelum Anda memakai sepatu.

Pakai kaus kaki
Ini cara paling simpel. Kaus kaki mampu membuat kaki bernapas dan menyerap keringat, sehingga bau bisa dihindari. [GP]

SHARE