Orang Pertama yang Tewas Karena Tertabrak Mobil - Male Indonesia
Orang Pertama yang Tewas Karena Tertabrak Mobil
Gading Perkasa | Story

Kisah tragis menimpa Henry H. Bliss saat turun dari trem pada 13 September 1899. Namanya tercatat dalam sejarah menyedihkan karena menjadi orang pertama yang meninggal akibat tertabrak kendaraan bermotor di dunia bagian Barat.

Photo: Lezlie Lee-French/flickr

Kala itu, Henry baru saja turun dari sebuah trem di depan sebuah taksi yang akhirnya menabraknya. Keesokan harinya, ia menghembuskan napas terakhir.

Sebuah plakat kini terpampang di tempat di mana ia menemui ajal, di West 74th Street and Central Park West, New York, Amerika Serikat. Tempat itu lantas dikenal sebagai lokasi paling rawan kecelakaan oleh para pengendara.

Henry yang dikenal sebagai seorang pebisnis real estate ditabrak oleh taksi listrik (kendaraan umum pada saat itu) yang dikemudikan oleh Arthur Smith.

The New York Times memberitakan hal tersebut dengan tulisan, “Henry terbentur trotoar, dan kepala serta tubuhnya dilindas oleh roda kendaraan yang mengakibatkan tengkorak kepala dan dadanya hancur.”

Ternyata, penumpang dalam kabin taksi itu adalah Dr. David Orr Edson, putra dari mantan Wali Kota New York City. Franklin Edson. Ia berusaha membantu Henry hingga mobil ambulans tiba.

Namun setibanya di rumah sakit, luka Henry dianggap terlalu parah untuk bisa bertahan hidup. Henry akhirnya menjadi korban kematian karena kendaraan bermotor pertama di dunia bagian barat.


Photo: wikimedia commons

Adapun Arthur Smith, sang pengemudi taksi listrik, ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan. Tetapi kematian Henry dianggap tidak dilakukan secara sengaja, dan Arthur bebas.

Tepat seratus tahun kemudian, pada 13 September 1999, sebuah organisasi kesadaran keselamatan bernama Citystreets menempatkan sebuah plakat di lokasi tersebut. Plakat itu bertuliskan:

Di sini, di West 74th Street dan Central Park West, Henry H. Bliss turun dari sebuah trem dan tertabrak oleh sebuah mobil pada malam 13 September 1899. Ketika Mr. Bliss, seorang pria real estate New York meninggal keesokan paginya karena cedera, dia menjadi korban kematian kendaraan bermotor pertama di Belahan Barat. Tanda ini didirikan untuk mengingatnya pada peringatan seratus tahun kematiannya sekaligus mempromosikan keselamatan di jalan.” [GP]

SHARE