Tammy Abraham, Catatan Impresif Pemain Muda - Male Indonesia
Tammy Abraham, Catatan Impresif Pemain Muda
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Nama Tammy Abraham menembus buku rekor Chelsea menyusul penampilan istimewanya saat The Blues menumpas tuan rumah Wolverhampton Wanderers 5-2 pada 15 September 2019 lalu. Ia membobol gawang Rui Patricio sebanyak tiga kali, tepatnya di menit ke-34, 41, dan 55.

Photo: Ronnie Macdonald/flickr

Striker yang mengemban nomor punggung 9 di Chelsea ini bahkan sebenarnya mencetak satu gol lagi, tapi sayangnya berupa bunuh diri buat Wolves.

Tiga gol itu dilakukan Tammy Abraham pada usia 21 tahun 347 hari, menjadikannya pencetak hat-trick termuda Chelsea sepanjang sejarah Liga Primer Inggris. Berdasarkan catatan Opta, Abraham juga merupakan pemain termuda Inggris yang membungkus hat-trick di EPL sejak Raheem Sterling pada Oktober 2015.

Sementara, Chelsea sendiri menorehkan rekor impresif lain terkait youngster. Chelsea menjadi klub pertama dalam sejarah kompetisi yang mendapat 11 gol berturut-turut dari kontribusi pemain berusia 21 tahun ke bawah, menegaskan pengaruh positif kehadiran Lampard di Stamford Bridge.

“Saya harap ini adalah musim saya. Saya harus terus bekerja keras dalam setiap sesi latihan, setiap pertandingan. Dalam setiap pertandingan saya ingin membuktikan diri kepada sang pelatih,” kata Abraham, seperti dilansir dari Goal.

Dilirik timnas Inggris
Melihat catatan impresif tersebut, jelas Tammy Abraham bakal menjadi salah satu kandidat penyerang timnas Inggris di masa depan. Apalagi, ia sudah pernah membela Inggris dua kali meski baru laga persahabatan kontra Jerman dan Brasil pada 2017 lalu.

Namun, Inggris harus secepatnya memainkan Abraham di laga resmi internasional karena negara asalnya, Nigeria, dikabarkan sudah mengincar pemain tersebut. Sebagai catatan, kedua orang tua Abraham adalah imigran asal Nigeria.

Apalagi, sang ayah diketahui punya hubungan dekat dengan presiden Federasi Sepakbola Nigeria (NFF), Amaju Pinnick. Abraham sudah membela timnas Inggris di berbagai level usia sejak 2014, tapi menggeser Harry Kane dari posisi striker utama The Three Lions bukan perkara mudah.

Membela Nigeria tentu jadi opsi terbaik jika Abraham ingin menancapkan kariernya di level internasional. Terkait hal tersebut, Abraham tak memusingkannya dan memilih fokus saja pada penampilan di lapangan.

“Saya sudah mendengar pembicaraan itu dan saya tidak begitu memikirkan hal tersebut. Saya rasa jika saatnya tiba, maka kesempatan itu bakal terbuka. Kita tidak pernah tahu,” ujar Abraham kepada Telegraph.

“Anda tidak bisa menolak kesempatan yang datang pertama kali. Ini semua soal fokus ke Chelsea dan semoga terus bisa bikin gol serta meraih kemenangan.” [GP]

SHARE