Duel Tinju Terdahsyat yang Guncang Inggris - Male Indonesia
Duel Tinju Terdahsyat yang Guncang Inggris
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Jack Broughton merupakan orang pertama yang menggunakan sarung tinju yang digunakan hingga saat ini. Peraturan dan sarung tinju ini di perkenalkan pada tanggal 10 Agustus 1973. Tapi Brougjton bukanlah orang pertama yang memenangkan pertarungan tinju.

Photo: Karl-Ludwig Poggemann/Flickr

Tinju menjadi olahraga yang kental dengan pria. Setiap pertandingan tinju, pria akan antusias untuk menyaksikan hingga selesai. Bahkan, tidak sedikit pertandingan tinju yang mengguncang sebuah kota atau negara di mana pertandingan itu diadakan. Salah satunya di Inggris.

Perlu Anda ketahui, setidaknya ada lima pertarungan besar yang digelar di Inggris. Pertarungan itu melibatkan Mike Tyson, Marco Antonio Barrera, Gennady Golovkin, Wladimir Klitschko dan Oleksandr Usyk.

Marco Antonio Barrera
Salah satu legenda tinju Meksiko ini pernah merasakan bertarung di ring tinju di Inggris. Dia menghancurkan Paul Lloyd di London pada 3 April 1999 di ronde pertama. Kegarangan Barrera tercatat dalam catatan rekor Hall of Fame sebagai petinju yang pernah mengalahkan Naseem Hamed dan Erik Morales.

Pada 14 Maret 2009, nama besar Barrera yang mulai pudar tiba di Manchester. Dia kembali untuk memulihkan reputasinya dengan menantang Amir Khan di M.E.N Arena, Manchester, Inggris. Sayang, ketika itu Barrera yang termaksan usia harus kalah dari Khan. Pertarungan Barrera dengan Khan berakhir cepat setelah terjadi benturan kepala di ronde awal. Khan akhirnya dinyatakan menang angka.

Oleksandr Usyk
Dalams ejarah tinju dunia, hanya ada beberapa partai yang memperebutkan empat sabuk juara dunia sekaligus. Peristiwa langka itu terjadi di Inggris pada 10 November 2018.

Duel juara dunia Kelas Penjelajah WBC, WBA, IBF, WBO Oleksandr Usyk melawan Tony Bellew di Manchester Arena, Manchester, Inggris. Usyk yang merupakan Raja Kelas Penjelajah tidak terkalahkan tampil perkasa membungkam Bellew dengan kemenangan TKO.

Gennady Golovkin
Petarung asal Kazakhstan ini salah satu sosok yang ditakuti di Kelas Menengah. Golovkin pertama datang ke Inggris pada 10 September 2016 untuk bertarung dengan Kell Brook. Sejak juara dunia dua tahun sebelumnya, Brook naik dua kelas untuk menantang GGG di The O2 Arena, Inggris. Malang bagi Brook. 

Dia menjadi bulan-bulanan keganasan pukulan Golovkin. Wajahnya dipermak GGG yang membuat pelatihnya, Dominic Ingle harus meloncat ke dalam ring untuk menghentikan pertarungan.

Wladimir Klitschko
Di masa jayanya. Klitschko merupakan petarung Kelas Berat yang disegani. Petinju Ukraina itu sangat mendominasi Kelas Berat dengan mencatat rekor ring 69 kali bertarung. Dalam pertemuan dengan petinju Kelas Berat asal Inggris, Wladimir pernah dua kali kalah dari Tyson Fury dan Anthony Joshua. 

Wladimir kalah dari Joshua dalam perebutan sabuk juara dunia WBA, IBF dan IBO yang lowong di Stadion Wembley, Inggris pada 29 April 2017. Wladimir yang dimakan usia harus kalah TKO dari Joshua yang kala itu lebih muda dan kuat fisiknya.

Mike Tyson
Siapa yang tidak kenal dengan lelaki asal Brooklyn, New York, Amerika Serikat ini. Keganasannya di ring akan selalu dikenang publik tinju dunia di masa jayanya. Tyson pernah mengguncang Inggris saat melawan Julius Francis di M.E.N Arena, Manchester, Inggris, pada 29 Januari 2000. Setelah melawan Francis, juara dunia Kelas Berat Termuda itu kembali ke Inggris untuk melawan Lou Savarese di Hampden Park, Glasgow, pada 24 Juni 2000. *** (SS)

SHARE