Maliq & D'Essentials Selama 17 Tahun Bermusik - Male Indonesia
Maliq & D'Essentials Selama 17 Tahun Bermusik
MALE ID | News

Grup band Maliq & D'Essentials baru saja merilis DVD dengan tajuk Maliq & D' Essentials: Essential Hits Recorded Live in London. Sesuai namanya, album ini direkam di studio Abbey Road, London, Inggris.

Photo: Sopian/Male Indonesia

Album terbarunya tersebut sekaligus merayakan 17 tahun Maliq & D'Essentials bermusik di Tanah Air. Selain menghadirkan single dari album-albumnya, ada lagu baru berjudul Senja Teduh Pelita yang ditampilkan Maliq & D'Essentials dalam bentuk audio visual.

"Kami mulai ngobrol sejak November 2018. Membicarakan apa yang bisa buat berkesan di usia band ke-17. Sampai ada jalan membuat kumpulan lagu di DVD," kata Angga Puradiredja vokalis Maliq & D'Essentials, di Jakarta.

Angga Puradiredja menyebutkan, tantangan pembuatan album DVD ini adalah membuat puluhan lagu dalam 12 audio visual yang mampu mewakili usia 17 tahun band berkarya. Berbagai proses dilalui, termasuk rekaman dan pengambilan video yang mereka lakukan sembari liburan.

Maliq & D'Essentials pertama merilis album di industri musik pada 2004 dan album terakhir medio 2017. Sejak 2005 hingga 2018, Maliq & D'Essentials selalu hadir di panggung even musik Java Jazz Festival.

Selama perjalanannya, Maliq & D'Essentials mengalami pergantian personel selama 17 tahun hingga tersisa Angga, Indah, Lale, Ilman, Jawa, dan Widi. Meski begitu, Maliq & D'Essentials belum melibatkan para mantan penggawa dalam album.

"Tentunya mereka ngucapin selamat juga ke kita ya, tapi kita di album ini kita belum mengikutkan mereka. Mungkin next project-nya kita ada konser. Bisa kita tampilkan di sana. Cuma tentunya dukungan mereka juga kita rasain ya selama 17 tahun," tutur Angga.

Selain itu, 17 tahun bersama membuat mereka tahu watak satu sama lain. Indah mengaku dirinya paling bossy, sementara sang bassist Jawa dirasa memiliki karakter yang susah diatur. "Jawa kalau bangun susah tidur, kalau tidur susah bangun," kata Indah.

Menjadi personel wanita satu-satunya di Maliq & D’Essentials membuat Indah mendapat perlakuan khusus. "Waktu saya lagi hamil manggung di Java Jazz, saya dikasih tempat duduk, memang ada perlakuan khusus karena secara natural berbeda tapi di luar itu enggak ada yang berbeda," katanya. 

Tidak hanya itu, rasa kekeluargaan membuat Maliq & D’Essentials semakin erat. "Mungkin Maliq lebih sering bareng karena kita punya kantor juga. Jadi keluarga, anak-anak datang ke kantor atau pas manggung. Di Maliq hal-hal itu dibuat natural," ujar Indah. *** (SS)

SHARE