5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah La Liga - Male Indonesia
5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah La Liga
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Dalam sejarah La Liga Spanyol ada beberapa nama pemain yang memiliki catatan usia muda ketika mencetak gol pertama. Salah satunya Ansu Fati. Ia masih berusia 16 tahun.

Publik pecinta kompetisi Liga Spanyol mendapat kejutan pada hari terakhir Agustus 2019. Nama pemain Barcelona, Ansu Fati menjadi buah bibir setelah menyumbang gol bagi El Barca saat  melawan Osasuna di El Sadar. 

Namun ternyata Ansu bukanlah satu-satunya pemain termuda yang masuk dalam jajaran pencetak gol termuda. Masih ada beberapa deretan pemain muda lainnya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini dereten pencetak gol termuda dalam sejarah La Liga.

Raul Gonzalez-17 tahun

Photo: Darz Mol/Wikipedia

Sinyal seorang Raul Gonzalez bakal menjadi pesepak bola besar sudah terlihat sejak kali pertama menjejakkan kaki di panggung La Liga. Pada penampilan kedua bersama Real Madrid, Raul Gonzalez sudah sanggup membayar kepercayaan sang pelatih.

Yup, Raul Gonzalez mampu menjebol gawang Atletico Madrid pada La Liga 1994-1995. Saat itu, usia Sang Pangeran Bernabeu adalah 17 tahun, 4 bulan dan 10 hari. Efek lain gol Raul Gonzalez adalah kemenangan Real Madrid atas rival sekotanya tersebut, dengan skor 4-2.

Fabrice Olinga

Photo: Floche2001/Wikipedia

Ia menjadi pemain termuda yang mampu mencetak gol pada laga debut. Ia melakukan hal luar biasa itu pada laga pembuka La Liga 2012-2013. Saat itu, ia sanggup menyumbang gol bagi Malaga kala bersua Celta Vigo. Olinga mencatatkan namanya di papan skor kala berusia 16 tahun, 3 bulan dan 6 hari.

Xisco Nadal-16 tahun

Photo: Coentor/Wikipedia

Walaupun ia menghabiskan sebagian besar kariernya di divisi bawah sepak bola Spanyol, Xisco Nadal bermain impresif di awal kariernya. Ia tidak akan pernah melupakan gol penyeimbang di menit-menit akhir untuk Villarreal saat imbang 2-2 di kandang Espanyol pada akhir musim 2002/03.

Iker Muniain


Photo: Dudek1337/Wikipedia

Pemain berposisi gelandang serang ini membela tim dari kota kelahirannya, Athletic Bilbao. Ia mampu bersinar pada pada musim 2009-2010. Satu yang paling menonjol adalah keberhasilannya menjadi golongan pencetak gol termuda di panggung La Liga.

Ketika menjebol gawang Real Valladolid, Muniain berusia 16 tahun, 9 bulan dan 15 hari. Saat itu ia menjadi yang termuda, sebelum dipecahkan Olinga beberapa tahun kemudian. Laga Bilbao Vs Real Valladolid berakhir imbang 2-2.

Bojan Krkic-17 tahun

Photo: Flickr upload/Wikipedia

Musim 2007/08 adalah musim yang mengecewakan untuk Barcelona. Tetapi tidak bagi Bojan Krkic karena di musim ini ia mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu bintang muda Eropa. *** (SS)

SHARE