Shaun Livingston, Waktu yang Tepat Akhiri Karirnya - Male Indonesia
Shaun Livingston, Waktu yang Tepat Akhiri Karirnya
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Mantan bintang Golden State Warriors, Shaun Livingston mengumumkan pengunduran dirinya. Ia menyudahi masa 15 tahun berkarier di dunia basket. Dalam rentang waktu tersebut, ia berhasil menyabel tiga kali juara NBA.

Photo: wikimedia commons

Di usianya yang masih 33 tahun, Shaun Livingston mengumumkan pensiun dalam unggahan panjang di akun Instagram. Ia memberi penghormatan kepada teman-teman dan keluarga yang telah membantunya melewati kariernya.

“Setelah 15 tahun dalam NBA, saya senang, sedih, beruntung dan bersyukur semua dalam satu napas. Sulit untuk memberikan keterangan pada semua emosi yang diperlukan untuk berusaha dan mencapai impian Anda,” tulis Livingston dalam akun Instagram resminya.

Livingston, yang dilepas oleh Warriors pada Juli 2019 usai meraih juara pada 2015, 2017 dan 2018, mengawali karier bersama Los Angeles Clippers di tahun 2004 setelah dipilih dengan pemilihan draft keempat.

Perjalanan kariernya hampir berakhir secara permanen akibat cedera lutut mengerikan di tahun 2007 yang membuatnya butuh rehabilitasi berbulan-bulan sebelum ia bisa berjalan dengan baik lagi. Livingston juga merujuk perjalanannya kembali dari cedera dalam pengumumannya.

“Saya mungkin tidak berada di sini. Siapa pun yang telah mengatasi rintangan memahami mental dan emosional yang dibutuhkan untuk menginspirasi diri Anda sendiri pada pertarungan sulit, apalagi menginspirasi orang lain.”

“Itu memberi saya peluang untuk menemukan dan membuktikan kepada diri sendiri (dan dunia) bahwa saya tidak mau ditentukan oleh keadaan saya.”

Meski sempat trauma dan menunjukkan penurunan performa, Livingston tetap mampu bangkit hingga dipakai oleh beberapa tim. Ia kemudian ingin menyampaikan pesan bagi semua orang agar tidak menyerah untuk mengejar mimpi meski sedang diterpa oleh masalah sesulit apapun.

“Dengan waktu saya dalam Liga, apa yang akan membuat saya paling bangga adalah fakta bahwa karakter saya, nilai-nilai dan keyakinan saya diuji, dan saya bertahan,” tulisnya.

Shaun Livingston datang ke Warriors pada 2014 setelah bermain bersama Miami Heat, Oklahoma City Thunder, Washington Wizards, Charlotte Bobcats, Milwaukee Bucks, Cleveland Cavaliers dan Brooklyn Nets. Ia memainkan peran kunci dari bangku cadangan dalam kemenangan yang diraih Warriors, meski musim lalu ia kurang menunjukkan performanya. [GP]

SHARE