Nuansa Heavy Metal dalam Album Baru Weezer - Male Indonesia
Nuansa Heavy Metal dalam Album Baru Weezer
MALE ID | News

Weezer telah mengejutkan para penggemarnya dengan meluncurkan sebuah single terbaru, yang mereka beri judul “The End of the Game”. Single ini bukanlah sebuah single lepas karena turut serta masuk ke dalam jajaran daftar album baru mereka nantinya, yang hadir lengkap dengan video klip arahan Danilo Parra.

Photo: David Lee/flickr

Album baru mereka, Van Weezer, akan rilis ke pasar pada 15 Mei 2020, dirilis via Crush/Atlantic. Dalam wawancara bersama Entertainment Weekly, frontman mereka, Rivers Cuomo, menyatakan bahwa album baru ini merupakan sebuah gestur “kembali ke raungan gitar” dan akan terdengar serperti Blue Album. Namun lebih kental dalam sektor riff.

“Inspirasinya datang dari acara-acara live kita, di mana tengah membawakan ‘Beverly Hills’ yang tidak seperti aslinya di dalam album, semua terhenti dan saya menggila dalam momen ketika melepas solo gitar,” ujar Cuomo kepada Entertainment Weekly.

“Kita baru sadar bahwa para crowd menggila saat saya melakukan itu. Jadi sudah waktunya, saya pikir, bagi penonton untuk menyambut ulang shredding dari gitar melalui album ini,” ujarnya lagi.

Pada trek dengan durasi 3 menit 20 detik tersebut, gitar menjadi sorotan utama. Fuzz, shreds, dan distorsi digubah membentuk nuansa yang kasar tapi ringan. Menghadirkan vibra yang seru, ala glam metal era 80-an.

Ada juga sedikit referensi terhadap salah satu nomor andalan mereka melalui lirik “I’m in an island with no sun.” Secara keutuhan, single ini cukup segar, terutama bagi mereka yang kecewa dengan sound dari Black Album kemarin. Album Van Weezer seolah merupakan sebuah plesetan dari nama Van Halen.

Tahun 2019, Weezer cukup menyibukkan diri mereka. Band asal Los Angeles, Amerika itu melahirkan dua keping rilisan. Teal Album yang berisikan cover dari musisi lintas genre, dan juga Black Album yang dilepas pada Maret 2019 lalu, sekaligus menjadi album ke-13 mereka yang berisikan 10 lagu baru. [GP]

SHARE