Menikmati Cokelat Hangat yang Nikmat & Menyehatkan - Male Indonesia
Menikmati Cokelat Hangat yang Nikmat & Menyehatkan
Gading Perkasa | Sex & Health

Selain membawa kehangatan, secangkir cokelat panas tanpa gula juga menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Manfaat minum cokelat panas di antaranya dapat menjaga kesehatan jantung, menstabilkan kadar insulin, meningkatkan daya ingat, hingga menimbulkan perasaan bahagia.

Photo: PxHere

Manfaat tersebut datang dari kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk serat dan zat besi yang terdapat pada bubuk cokelat alami. Minuman cokelat dengan kandungan 70-85 % cokelat terbukti mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan vitamin E.

Berikut lima manfaat minum cokelat panas, melansir dari Weather.

 
 

Sistem imun

 

Cokelat mengandung antioksidan yang dikenal dengan flavonoid. Jumlah antioksidan ini disebut tiga kali lebih banyak ketimbang yang ditemukan dalam teh hijau.

 

Flavonoid bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Antioksidan ini juga bermanfaat untuk menjaga berat badan dan mencegah kanker.

Namun, manfaat antioksidan ini dapat ditemukan dalam secangkir cokelat panas dengan persentase cokelat yang tinggi dan tidak melalui proses pengolahan yang banyak.

Jantung
Cokelat juga membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Minum cokelat panas dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Menurut Dewan Informasi Makanan Eropa (EUFIC), flavanol kakao dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, memerangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan aliran darah, dan mengurangi pembekuan darah.

Daya ingat
Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara minum cokelat panas dengan meningkatnya daya ingat. Minum dua cangkir cokelat panas setiap hari disebut dapat membantu mencegah Alzheimer.

Cokelat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga memacu meningkatkan daya ingat. Konsumsi kakao juga bisa meningkatkan fungsi kognitif.

Bahagia
Cokelat juga memiliki efek positif terhadap suasana hati. Cokelat panas membantu melepaskan hormon yang membuat tubuh merasa nyaman dan bahagia.

Cokelat mengandung kafein sebagai penambah energi, memicu serotonin yang meningkatkan suasana hati, dan tritophan yang membantu memberi perasaan tenang.

Mengontrol berat badan
Asupan cokelat dapat membantu mengontrol berat badan. Dikutip dari Healthline, cokelat dapat mengatur penggunaan energi, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan oksidasi lemak, dan menimbulkan perasaan kenyang.

Sebuah studi penurunan berat badan menunjukkan bahwa kelompok yang diberi 42 gram atau sekitar 1,5 ons minuman dengan kadar cokelat 81 % per hari, kehilangan berat badan lebih cepat ketimbang kelompok diet biasa.

Untuk mendapatkan manfaat minum cokelat panas, disarankan untuk menyeduh bubuh kakao tanpa pemanis yang mengandung cokelat hitam sebanyak 85 %. Anda bisa menikmati cokelat ‘murni’ ini setiap hari. [GP]

SHARE