Cerita di Balik Karya Fantastis Snow Patrol - Male Indonesia
Cerita di Balik Karya Fantastis Snow Patrol
Gading Perkasa | News

Pada tahun 2006, nama Snow Patrol melejit di dunia musik internasional lewat single berjudul ‘Chasing Cars’. Lagu yang berasal dari album Eyes Open ini seketika langsung menghiasi berbagai program televisi, lagu latar iklan bermacam produk, hingga soundtrack film.

Photo: wikimedia commons

Chasing Cars juga tercatat sebagai lagu yang paling banyak diputar di radio-radio di Inggris Raya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Sang penulis lagu dan vokalis sekaligus pentolan Snow Patrol, Gary Lightbody mengenang kembali kisah saat dirinya menciptakan lagu tersebut.

Ia menulis single ini setelah bangun dari mabuk berat saat ia meminum anggur di pelataran vila milik produser mereka, Jacknife Lee.

“Ini adalah lagu paling tulus yang pernah saya ciptakan. Tidak ada plot twist di sini, saat saya membaca kembali liriknya, saya berpikir, ‘Oh, ini sungguh aneh’. Semua lagu lain yang pernah saya ciptakan, pasti memiliki sisi gelapnya sendiri,” ujar Gary, seperti dikutip dari Smooth Radio.

Frasa Chasing Cars terinspirasi dari kata-kata ayahnya, saat ia melihat Gary tergila-gila pada seorang wanita yang ia sukai.

“Kamu seperti anjing yang sedang mengejar mobil. Kamu tidak akan pernah bisa mengejarnya dan tidak akan tahu apa yang harus dilakukan saat sudah mendapatkan hal itu,” tutur Gary mengisahkan.

Beberapa program televisi yang pernah memakai lagu ini adalah Grey’s Anatomy dan One Tree Hills. Sedangkan musisi lain yang sempat membawakan single tersebut di atas panggung antara lain Tim McGraw, Faith Hill hingga Ed Sheeran.

Sebagai catatan, Snow Patrol dibentuk pada awal 1994 oleh mahasiswa University of Dundee. Mereka adalah Gary Lightbody, Michael Morrison, dan Mark McClelland. Ketiganya mendirikan band dengan nama Shrug.

Shrug memulai pertunjukan di universitas dan pub di sekitarnya seperti Lucifer’s Mill. EP pertama mereka berjudul The Yogurt vs Yoghurt Debate. Pada 1996, mereka mengubah nama menjadi Polar Bear untuk menghindari masalah dengan salah satu band Amerika yang juga bernama Shrug.

Band ini berganti nama lagi, yaitu Snow Patrol di tahun 1997, karena konflik penamaan dengan band lain bernama sama yang digawangi oleh mantan bassist Jane’s Addiction, Eric Avery. [GP]

SHARE