Benda di Sekitar Anda yang Bisa Picu Kanker - Male Indonesia
Benda di Sekitar Anda yang Bisa Picu Kanker
Sopan Sopian | Sex & Health

Kanker merupakan penyakit kronis, timbul dari pertumbuhan sel yang abnormal dan deteksinya butuh waktu cukup lama. Bahkan di Indonesia, sebanyak 70 persen kanker yang umum dijumpai terdeteksi pada stadium lanjut.

PHoto: Nicepik.com

Tapi sadarkah Anda bahwa ada banyak bahan kimia berbahaya yang tidak terlihat di atmosfer yang terbukti bisa memicu kanker. Bahan kimia tersebut juga hadir dalam banyak produk yang biasa digunakan di rumah. Beberapa barang di rumah biasanya mengandung karsinogen seperti formalin, racun reproduksi, dan pengganggu hormon.

Parfum Ruangan
Penelitian oleh Anne Steinemann dari Universitas Washington, menyebut, parfum ruangan mengandung karsinogen dan racun yang tak sesuai standar Amerika Serikat (AS).

Selain itu, penelitian dari Dewan Pertahan Sumber Daya Nasional (NDRC) AS menyebut bahwa parfum ruangan juga mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan asma dan gangguan reproduksi. Oleh karena itu, untuk menyegarkan udara di ruangan Anda, cobalah gunakan wewangian alami.

Lilin 
Komisi Keamanan Produk Konsumen AS (CPSC) menyebut, lilin yang mengandung timah, salah satunya lilin wewangian, lima kali lebih berbahaya karena meghasilkan polusi yang lebih di atas standar. Terlalu banyak terpapar dapat menyebabkan gangguan hormon, masalah perilaku, ketidakmampuan belajar, dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Shampo
Mungkin ini aneh bagi banyak orang mengetahui shampo yang kerap digunakan setiap hari ternyata juga berpotensi menyebabkan kanker. Tapi sejumlah penilti telah melakukan riset terkait shampo. Jika Anda ingin tetap sehat, gunakanlah shampo berbahan natural.

Deodoran
Kandungan zatnya yang bisa membuat tubuh Anda bertahan lebih lama tanpa bau ternyata juga membahayakan kesehatan. Sebab, deodoran mengandung zat beracun yang bisa menyebabkan kanker.

Tirai Shower
Pembatas kamar mandi anda yang terbuat dari bahan kimia yang mudah menguap. Zat kimianya membahayakan diri Anda dan lingkungan. Pada tahun 2008, para ilmuwan Amerika meminta agar semua tirai shower mengandung PVC atau racun, bahan kimia penyebab kanker, dilarang dijual dari rak-rak toko.

Meskipun toko tidak lagi menjual gorden ini, jika Anda memiliki satu di rumah Anda, itu mungkin membocorkan bahan kimia yang kemudian masuk ke tubuh Anda.

Makanan di Dapur
Ada beberapa makanan yang telah diklasifikasikan sebagai karsinogen oleh FDA. Daging merah panggang dan popcorn microwave ini bisa menyebabkan kanker.

Minuman berkarbonasi dan ikan yang dibudidayakan juga termasuk dalam daftar penyebab kanker. Anda mungkin bisa mengurangi risiko kanker Anda menjadi setengahnya dengan menghilangkan makanan karsinogenik dari diet Anda. *** (SS)

SHARE