Pemula, Alat Ini Wajib Dibawa Saat Snorkeling - Male Indonesia
Pemula, Alat Ini Wajib Dibawa Saat Snorkeling
MALE ID | Relax

Ingin liburan sambil menikmati keindahan bawah laut? Snorkeling adalah jawabannya. Dengan snorkeling, Anda bisa puas berkenalan dengan biota bawah laut yang menawan. Mulai dari hewan laut hingga terumbu karang.

Gambar oleh confused_me dari Pixabay

Tapi, banyak orang yang justru takut untuk ber-snorkeling ria. Padahal, snorkeling itu adalah aktivitas yang cukup ringan. Namun, sebelum Anda berangkat snorkeling, wajib rasanya untuk membawa lima gear atau alat snorkeling di berikut ini. Tujuannya agar aman dan nyaman, khususnya untuk Anda para pemula.

Snorkel
Alat ini penting agar Anda tetap bisa bernapas di dalam air. Snorkel adalah alat berupa selang dan mouthpiece (pelindung mulut). Sebaiknya juga snorkel yang dipakai memiliki mouthpiece yang pas di mulut, tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Bagian pelindung mulut ini akan digigit, jika terlalu besar akan membuat Anda lebih cepat lelah bernapas dalam waktu lama, sedangkan jika terlalu kecil air akan lebih mudah masuk ke dalam mulut. Biasanya pelindung mulut terbuat dari bahan silikon.

Ukuran selang snorkel pada umumnya berdiameter 2 cm dan panjang 30 cm. Ukuran panjang snorkel pun tidak terlalu panjang agar bernapas bisa lebih nyaman.

Baju Renang
Sebenarnya snorkeling bisa memakai kaos biasa. Tapi alangkah baiknya jika memakai baju renang atau baju selam. Rasanya pasti beda, berenang dengan memakai kaos biasa dengan memakai baju khusus renang. Selain bisa menambah daya gerak di dalam air, menggunakan pakaian renang atau selam juga bisa berfungsi untuk mengurangi dinginnya air laut di tubuh Anda.

Pelampung
Pelampung sebenarnya bisa dikenakan atau tidak. Tapi catatannya bagi mereka yang sudah mahir. Bagi Anda yang belum mahir tentu alat ini perlu Anda kenakan. Pilihlah pelampung yang juga pas dengan tubuh dan bisa ditutup dengan baik. Lengkapi juga pelampung dengan peluit.

Fin
Fin disebut juga kaki katak. Sebenarnya alat ini tidak wajib dikenakan saat snorkeling. Tapi dengan memakai fin akan ada daya dorong yang lebih kuat saat Anda berenang di laut. Gerakan Anda juga akan lebih cepat dan gesit.

Terdapat dua jenis kaki katak, yaitu model kaki tertutup (full foot) dan tumit terbuka (open heels). Kaki katak model tertutup memiliki ukuran seperti halnya sepatu, bawalah yang sesuai dengan ukuran kaki. Sedangkan model tumit terbuka biasanya memiliki strap untuk menyesuaikan bentuk ukuran kaki. *** (SS)

SHARE