Spot Berselancar Keren di Kota Muenchen - Male Indonesia
Spot Berselancar Keren di Kota Muenchen
Gading Perkasa | Relax

Anda takut menerjang ombak di laut luas dan dalam, kehadiran ikan hiu, serta air asin yang memerihkan mata? Tapi di sisi lain, Anda juga dibuat penasaran setengah mati akan rasanya berselancar?

Photo: wikimedia commons

Maka tak perlu khawatir MALEnials. Pasalnya, masyarakat Muenchen, Jerman, punya solusi untuk masalah ini. Mereka berselancar di sungai yang letaknya di tengah kota, Sungai Eisbach.

Muenchen adalah ibu kota negara bagian Bayern yang tidak memiliki pantai dan laut. Namun ada satu sungai yang membelah kota ini, yaitu Sungai Isar yang bercabang hingga ke Sungai Eisbach.

Sungai Eisbach merupakan sungai buatan manusia. Sungai ini hanya memiliki panjang sekitar 2 kilometer saja. Sungai Eisbach memiliki kedalaman antara 40 cm, meskipun di kondisi tertentu bisa mencapai 1 meter.

Awalnya, Eisbach dibuat untuk mengaliri Englischer Garten, sebuah taman yang ada di tengah Kota Muenchen. Namun ombak sungai ini terasa cukup besar dan kuat, sehingga dimanfaatkan sebagai tempat berselancar oleh warga setempat.

Sudah lebih dari 70 tahun orang-orang berselancar di tempat ini, tepatnya sejak tahun 1942. Setiap tahunnya juga diadakan kompetisi selancar di sungai tersebut.

Di sini, para peselancar dari kota Muenchen dan penjuru dunia berusaha menaklukkan arus sungai tersebut. Mereka datang dengan mengenakan baju selancar lengkap peralatan papan surfing. Bahkan, banyak wisatawan tidak mau ketinggalan untuk datang menyaksikan dan memberi dukungan.

Photo: Magnus Hagdorn/flickr

Awalnya kegiatan berselancar di Sungai Eisbach dilarang oleh pemerintah Jerman karena ada kemungkinan untuk celaka ketika jatuh dan membentur batu-batuan. Namun, akibat banyaknya peselancar dan turis yang datang, kegiatan itu kini dibebaskan.

Sebagai catatan, tidak sembarang orang yang boleh berselancar di Eisbach. Hanya peselancar andal saja yang diberi izin berselancar di tempat ini. Karena jika celaka, akibatnya ditanggung sendiri. Meski beberapa kecelakaan sempat terjadi, sampai sejauh ini tidak ada peselancar yang meninggal dunia di sini.

Bila Anda jago berselancar dan mau mencoba sensasi yang baru, sempatkan berkunjung ke Sungai Eisbach. Jangan lupa bawa peralatan surfing yang lengkap. [GP]

SHARE