Haruskah Penderita Anemia Menghindari Susu? - Male Indonesia
Haruskah Penderita Anemia Menghindari Susu?
Gading Perkasa | Sex & Health

Ada anggapan umum di masyarakat, bahwa penderita anemia tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, salah satunya susu. Ini karena kalsium dapat mengganggu penyerapan zat besi di dalam tubuh, sehingga memperburuk kondisi anemia.

Photo: PxHere

Lalu, apakah anggapan itu benar adanya? Menurut ahli gizi Hardinsyah, susu yang wajib dihindari oleh penderita anemia adalah susu sapi segar.

“Susu sapi segar wajib dihindari karena zat besi yang terkandung di dalamnya rendah. Jadi, tidak semua jenis susu perlu dihindari penderita anemia,” kata Hardinsyah.

Ada susu olahan dalam bentuk bubuk yang sudah diformulasikan dengan komposisi zat besi lebih tinggi. Kandungan susu juga ditambah kalsium, zinc, magnesium, dan berbagai vitamin.

“Susu ini aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita anemia. Jenis susu ini dinamakan racikan produk yang diperkaya gizi. Kalau hanya susu sapi segar, memang rendah zat besi,” tutur dia.

Siapkan produk gizi yang tepat
Ia juga mengungkapkan, adanya penambahan zat gizi pada susu olahan, contohnya susu formula bubuk bisa menjadi solusi dalam menyediakan produk gizi yang tepat. Upaya ini diharapkan memenuhi kebutuhan gizi, meski seseorang sudah dewasa.

“Penambahan zat gizi lain, misalnya zat besi, zinc, vitamin A, C, B12, dan D untuk membentuk kalsium,” ujar Hardinsyah, yang belum lama ini diangkat sebagai Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Asia.

Zat besi pada susu cukup penting untuk mengatasi penyakit anemia. Apabila Anda menderita anemia dan hanya mengonsumsi susu sapi segar yang rendah kandungan zat besi, jelas tidak terasa manfaatnya.

Mendukung metabolisme tubuh
Susu formula bubuk yang diformulasikan dengan penambahan asam folat, zat besi, vitamin B kompleks, dan zat gizi mikro lain ikut bermanfaat membentuk energi sekaligus mendukung proses metabolisme tubuh.

Protein pada susu sebagai sumber gizi makro juga mendukung perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Asam folat pada susu formula dalam bentuk bubuk ini akan berkontribusi terhadap pembentukan sel darah merah.

“Asam folat juga membantu membangun sel-sel di dalam tubuh,” ucap Hardinsyah. [GP]

SHARE