Hati-hati Memakai Gestur Tangan saat Traveling - Male Indonesia
Hati-hati Memakai Gestur Tangan saat Traveling
Gading Perkasa | Relax

Ketika traveling ke luar negeri, bahasa sering menjadi hambatan. Tidak semua orang di negara yang kita tuju mengerti bahasa Inggris dengan baik.

gesture tangan - Male IndonesiaPhoto by Justin Luebke on Unsplash

Karena itu, bahasa tubuh atau gestur tangan bisa menjadi alat komunikasi. Tapi jangan sampai salah, karena masing-masing negara memiliki arti yang berbeda pada tiap gestur tangan. Simak penjelasan di bawah ini.

Gestur OK
Di Amerika atau Indonesia, tanda ‘OK’ memang berarti OK. Namun, di Jepang, tanda ini berarti uang. Kadang, gestur ini juga punya arti sama jika membalikkan tiga jari ke bawah. Tapi di Brasil, arti gestur OK justru kasar dan berbau seksual.

Menyembulkan jempol di tengah jari
Di Indonesia, tanda seperti ini mengartikan organ vital pria. Namun di Amerika Serikat, jempol di antara jari telunjuk dan jari tengah menunjukkan hidung yang dicuri dari wajah anak-anak dalam permainan Ive Got Your Nose.

Di negara Turki, gestur ini bermakna sama dengan jari tengah, menunjukkan ketidaksetujuan atau menolak permintaan. Sementara di Brasil bermakna keberuntungan untuk mengusir mata iblis dan kecemburuan.

Tanda V
Di Amerika, tanda V bermakna damai, dan for victory atau kemenangan. Di Cina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Thailand, gestur tangan tersebut dipakai untuk selfie.

Sementara Inggris, Afrika Selatan, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia menganggapnya penghinaan jika seseorang memberikan tanda ini dengan punggung tangan menghadap ke luar.

Tanda L
Tanda L di Amerika biasanya dipakai sebagai ejekan yang berarti loser atau pecundang. Sementara di Cina, tanda ini berarti angka delapan pembawa keberuntungan.

Tanda jempol ke atas
Gestur ini berarti baik di Amerika, serta digunakan saat meminta tumpangan atau tersesat di pinggir jalan. Jempol ke atas berarti penghinaan di negara-negara seperti Irak dan Iran.

Telapak tangan menghadap luar
Telapak tangan menghadap luar berarti setop, nomor lima, atau bicara dengan tangan (talk to the hand) di Amerika. Sementara di Yunani dan Pakistan, tanda ini disebut mountza dan dianggap menghina.

Negara Meksiko dan Panama memakai gestur ini untuk mengatakan ‘Hai’. Namun jika melambaikan tangan, artinya berbeda. Yaitu memberi ancaman kepada seseorang.

Jempol dan telunjuk beradu
Di Amerika Serikat, Jerman dan Indonesia, jempol dan telunjuk beradu dengan tempo cepat diartikan sebagai uang. Sementara di Korea Selatan, menggunakan gestur ini tanpa digerakkan berulang berarti cinta.

Finger crossed
Telunjuk dan jari tengah beradu berarti berharap keberuntungan di Amerika. Tanda ini dianggap menghina di Vietnam. [GP]

SHARE