5 Soundtrack Film Paling Populer Sepanjang Masa - Male Indonesia
5 Soundtrack Film Paling Populer Sepanjang Masa
Sopan Sopian | News

Sebuah film rasanya tak lengkap jika tidak dibumbui dengan musik untuk mengiringi adegan-adegan dalam film. Lagu-lagu yang terkandung dalam sebuah film, atau sering disebut sebagai soundtrack, biasanya dibuat khusus agar terasa pas dengan adegan filmnya. 

sepanjang masa - male IndonesiaPhoto: Andy Roberts/Flickr.com

Sejak dulu, soundtrack punya peranan penting dalam menyukseskan sebuah film. Secara tidak sadar, ingatan manusia akan lebih mudah mengingat nada-nada dalam benaknya. Dan ini yang menjadi alasan kenapa lagu dapat membangkitkan sisi nostalgia.

Memproduksi lagu yang sesuai dengan film tidaklah mudah. Selain memerlukan komposisi yang tepat, korelasi dan kesinambungan antara keduanya harus berjalan beriringan. Berikut ini adalah sejumlah soundtrack film paling populer dan paling diingat sepanjang masa.

My Heart Will Go On-Titanic


Anda pasti mengenal film yang satu ini. Titanic, merupakan salah satu film yang paling populer di seluruh dunia sejak awal perilisan film hingga sekarang. Kisah cinta Jack dan Rose dipadu dengan soundtrack “My Heart Will Go On” menjadikan adegan romantis pada film menjadi sangat pas.

Seperti filmnya, soundtrack “My Heart Will Go On” yang dinyanyikan oleh Celline Dion ini menjadi sangat populer di masyarakat. Lagu yang mengusung tema romantis ini membuat para penikmat film semakin terhanyut dalam cerita Titanic

Saking mendunianya lagu “My Heart Will Go On”, album soundtrack Titanic dapat terjual sebanyak 30 juta kopi di seluruh dunia. Berkat soundtrack ini juga, lagu “My Heart Will Go On” menjadi ciri khas atau trademark saat orang membicarakan sosok sang penyanyi, Celline Dion.

I Will Always Love You-The Bodyguard


The Bodyguard. Film Amerika bergenre thriller romantis yang dirilis 1992 ini merupakan debut film dari penyanyi wanita legendaris wanita Whitney Houston. Tak hanya berakting, Whitney juga menyanyikan beberapa lagu soundtrack dari film arahan Mick Jackson ini.

Akhirnya lagu yang dinyanyikannya menjadi lagu populer dirinya, seperti I Will Always Love You, I’m Every Woman, I Have Nothing, Run to You, dan Queen of the Night. Album soundtrack The Bodyguard ini menjadi soundtrack terlaris sepanjang masa dengan estimasi penjualan sebanyak 37 juta copy.

Happy-Despicable Me


Musisi dan produser kenamaan, Pharrell Williams ditunjuk sebagai pengisi soundtrack film Despicable Me. Lagunya berjudul Happy berhasil jadi salah satu lagu tema tersukses dengan jumlah ratusan juta penonton.

Lagu Happy dikemas dengan nada ceria, sederhana dan go-to-dance floor-song. Di video klipnya Pharrell juga sejenak menampilkan para minions, makhluk kuning menggemaskan yang jadi nilai jual film tersebut.

Love Me Like You Do-Fifty Shades of Grey


Film “Fifty Shades of Grey” menjadi sangat hits dikalangan para penikmat film. Pasalnya, film ini mengangkat tema yang cukup unik dan menarik serta dibubuhi dengan romansa sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta.

Untuk mewakili tema film yang mengusung kisah percintaan, film ini menggunakan soundtrack yang tak kalah populernya dengan soundtrack film lainnya. Soundtrack “Love Me Like You Do” ini sangat populer dikalangan masyarakat terutama dikalangan para remaja. 

Dengan nada yang mellow namun justru membuat feel yang sesuai dengan tema filmnya, penyanyi asal Inggris, Ellie Goulding, berhasil menyanyikan soundtrack untuk film “Fifty  Shades of Grey” dengan sangat baik. Hal ini terbukti dengan jumlah lagu diputar telah mencapai angka 15.468.762 kali dan mampu menggeser single Mark Ronson dan Bruno Mars dengan judul “Uptown Funk”.

How Deep Is Your Love-Saturday Night Fever


Soundtrack film paling populer sepanjang masa berikutnya ada pada soundtrack film tahun 1977, Saturday Night Fever, dengan estimasi penjualan sebanyak 28 juta copy. Film ini merupakan film tari Amerika yang dibintangi oleh aktor senior John Travolta.

Salah satu lagu terkenal dalam soundtrack film ini adalah How Deep Is Your Love yang dinyanyikan oleh grup musik pop Bee Gees. Selain menjadi album terlaris sepanjang masa, album soundtrack ini juga memenangkan kategori Album of the Year di Grammy Awards ke-21. *** (SS)

SHARE