Beragam Manfaat Kesehatan dari Beras Hitam - Male Indonesia
Beragam Manfaat Kesehatan dari Beras Hitam
Sopan Sopian | Sex & Health

Meski tidak sepopuler beras putih atau beras merah, beras hitam adalah jenis beras yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi serta mengandung zat antosianin, senyawa flavonoid yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan.

Photo: Maxpixel.net

Jenis beras hitam disebut juga "Beras Terlarang". Sejarahnya berakar dari adat istiadat Cina Kuno, di mana selama waktu itu beras hitam hanya disediakan eksklusif untuk konsumsi Kaisar dan keluarganya. Dari sinilah beras hitam mendapat julukan “Beras Terlarang”, karena jika rakyat jelata tertangkap basah makan nasi hitam tanpa izin, nyawa adalah taruhannya.

Tetapi, kini beras hitam sudah bebas untuk digunakan oleh siapapun. Indonesia bahkan menjadi salah satu lokasi budidaya beras hitam terbesar di Asia Tenggara, selain Filipina. Lalu apa manfaat kesehatan dari beras hitam? 

Dilansir dari berbagai sumber, ini dia beberapa manfaat dari beras hitam untuk kesehatan untuk Anda ketahui.

1. Kaya Akan Antioksidan
Ketika berbicara tentang kandungan antioksidan, maka tidak ada bahan lain yang mendekati beras hitam. Bekatul (lapisan paling luar) dari butiran beras hitam mengandung tingkat anthocyanin tertinggi dari makanan apa pun.

Bahkan, bekatul beras hitam ini memiliki kandungan antosianin tertinggi dibandingkan dengan semua varietas gandum lainnya seperti beras merah, beras merah, dan quinoa merah. Antosianin ini mampu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, mencegah penyakit kardiovaskular, dan mengobati infeksi mikroba dan diare.

2. Memerangi Kanker
Sebuah studi eksperimental yang dilakukan oleh Universitas Militer Ketiga di Tiongkok menemukan bahwa ekstrak beras hitam yang kaya anthocyanin berhasil menekan pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker payudara pada tikus.

3. Mengurangi Peradangan
Para peneliti di Universitas Ajou di Korea telah menemukan bahwa beras hitam bekerja sangat baik dalam mengurangi peradangan. Studi ini menemukan bahwa ekstrak beras hitam membantu mengurangi edema dan secara signifikan menekan dermatitis kontak alergi pada kulit tikus. Ini merupakan indikator besar potensi beras hitam dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan kronis.

4. Membantu Penurunan Berat Badan
Beras hitam memiliki karakteristik yang penting untuk manajemen berat badan dan penurunan berat badan, rendah kalori, rendah karbohidrat, dan tinggi serat makanan. Dengan demikian, maka hal itu akan membuat Anda merasa kenyang dan mampu menahan rasa lapar.

5. Melindungi Kesehatan Jantung
Lindungi kesehatan jantung Anda dengan mengganti nasi putih dengan nasi hitam dalam makanan sehari-hari Anda. Seperti yang sudah diketahui, kolesterol tinggi adalah penyebab utama sejumlah penyakit kardiovaskular.

Tetapi kandungan antosianin dari beras hitam telah ditemukan memiliki efek yang signifikan dalam mengurangi kolesterol pada tikus dalam beberapa penelitian penelitian. 

Aterosklerosis adalah penyakit kardiovaskular di mana arteri tersumbat karena penumpukan plak. Ini bisa menyebabkan sejumlah masalah serius lainnya seperti penyakit arteri koroner, stroke, penyakit arteri perifer, atau masalah ginjal.

Tapi ada kabar baik. Konsumsi beras hitam telah ditemukan mampu untuk mengurangi penumpukan plak aterosklerotik pada kelinci sebesar 50 persen. Meskipun semua penelitian ini telah dilakukan pada hewan, aman untuk berasumsi bahwa beras hitam bisa menghasilkan efek yang sama pada manusia. *** (SS)

SHARE