Pulau Seribu, Eksotisme Laut di Utara Jakarta - Male Indonesia
Pulau Seribu, Eksotisme Laut di Utara Jakarta
Sopan Sopian | Relax

Destinasi wisata Pulau Seribu, menyimpan keindahan bahari dan fasilitas water sport yang beraneka ragam. Ada banyak pulau yang menjadi tempat favorit para turis. Seperti Pulau Pramuka, Pulau Harapan, hingga Pulau Tidung.

Photo by Resanle Sirait from Pexels

Ya, Kepulauan Seribu menyimpan banyak kekayaan alam. Keindahan gugusan pulau di utara Jakarta ini tidak kalah dengan destinasi-destinasi lainnya di Indonesia. Namun sayangnya, Kepulauan Seribu yang memiliki 110 pulau, ternyata belum dikenal banyak orang. Begitu juga bagi masyarakat Jabodetabek.

Menurut survei Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Administrasi Kepulauan Seribu pada 2018, hanya 30% dari masyarakat Jabodetabek yang mengenal baik Kepulauan Seribu. Mereka mungkin pernah mendengar tentang Kepulauan Seribu, namun tidak tahu di sana ada atraksi apa saja.

Padahal jika pergi ke Pulau Pramuka, turis bisa melakukan beragam aktivitas seperti snorkeling dengan pemandangan terumbu karang dan ikan warna-warni, kayak di perairan dangkal dengan air jernih, atau bersepeda keliling di pulau ini. 

Kemudian, di Pulau Harapan, banyak spot indah yang dapat dinikmati di Pulau ini. Apalagi di Pulau Tidung, turis akan disambut dengan hamparan pasir putih dan air laut yang bening. Di bawahnya tersimpan kekayaan terumbu karang dan ikan warna-warni yang semakin mencolok jika terkena teriknya sinar matahari. Di pulau ini juga dapat melakukan kegiatan watersport seperti seperti banana boat, donut boat, atau jet ski.

Selain keindahan lautnya, di Kepulauan Seribu juga terdapat sejumlag resor pantai di Kepulauan Seribu pun tak kalah eksotis dengan resor-resor ternama di dunia. Di kawasan ini juga terdapat Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dengan zona konservasi burung, hutan bakau, penyu, dan hiu.

Photo: Michael.starlight/Wikipedia

Untuk akomodasi sendiri juga terbilang banyak. Baik dalam segi konsep maupun harga. Akomodasi tersebut terbagi menjadi dua, yaitu homestay di permukiman penduduk yang dikelola warga dan pulau resor yang dikelola perusahaan swasta. Permukiman warga yang menawarkan homestay tersedia di Pulau Pramuka, Pari, Tidung, dan Harapan. Sementara resor tersebar di Pulau Bidadari, Ayer, Pelangi, Sepa, Pantara, Macan, dan Putri.

Untuk ke Kepulauan Seribu, turis hanya perlu menuju pelabuhan di Muara Angke, Muara Kamal, atau Dermaga Pantai Marina Ancol. Tergantung jenis kapal yang dipilih. *** (SS)

SHARE