Ingin Update Ponsel ke Android 10, Tahan Dulu - Male Indonesia
Ingin Update Ponsel ke Android 10, Tahan Dulu
Sopan Sopian | Digital Life

Google secara resmi meluncurkan Android 10 pada 3 September 2019. Peluncuran itu juga sekaligus mengubah kebiasaan Google yang selama 10 tahun ke belakang selalu memberi nama Android dengan nama makanan penutup.

Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay 

Seperti diketahui, Android selalu memakai nama-nama makanan seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, KitKat, Lollipop, Marhsmallow, Nougat, Oreo, dan Pie

Selain menggunakan nama baru, Google juga menampilkan logo Android yang terlihat lebih modern. Robot Android yang semula berwarna hijau kini hanya tampak bagian kepalanya saja. Sementara tulisan Android yang awalnya berwarna hijau kini berubah menjadi hitam dengan dalih agar lebih mudah dilihat.

Memiliki Bug
Atas peluncuran itu juga, banyak pengguna yang menanti-nanti kapan ponsel Android miliknya mendapatkan update ke Android 10. Namun ada sejumlah alasan kenapa Anda harus bersabar dan tidak buru-buru untuk menggunakan Android 10. Pasalnya ditemukan bug yang membuat ponsel menghadapi masalah. 

Android Central melaporkan, pengguna mengeluhkan penginstalan Android 10 macet di layar booting dari 30 menit hingga 6 jam. Masalah ini dilaporkan pengguna ponsel Pixel generasi pertama, Pixel 2, Pixel 3 dan Pixel 3a.

Ada juga pengguna Pixel 3 XL yang mengeluhkan fitur auto-rotation, auto-brightness, dan dua kali tap untuk mengaktifkan ponsel tak berfungsi setelah update ke Android 10. Padahal sebelum update operating system (OS) fitur-fitur tersebut berjalan dengan baik.

Selain itu, ada yang melaporkan layar menjadi gelap saat melakukan panggilan telepon dan tidak akan menyala kecuali ada panggilan masuk dari voice mail.

"Saat saya menelepon, layar menjadi gelap dan tak bisa dinyalakan lagi baik dengan swipe layar atau menekan tombol power. Semua telepon dialihkan ke voicemail, dan anda tak bisa melihat tombol dial untuk merespon," ungkap seorang pengguna Pixel, seperti dikutip dari Android Authority.

Kendala ini ini ditemukan pada pengguna Android 10 yang menginstal pembaruan lewat OTA maupun melakukan flash manual pada ponsel. Jadi bisa diasumsikan kalau masalahnya bukan berasal dari proses instalasi tertentu.

Pengguna yang mengalami masalah ini melaporkan kalau ponselnya normal kembali setelah mereka melakukan downgrade ke Android Pie. *** (SS)

SHARE