Akhir Perjuangan Eto'o di Lapangan Hijau - Male Indonesia
Akhir Perjuangan Eto'o di Lapangan Hijau
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Mantan bintang Barcelona dan Inter Milan, Samuel Eto'o, mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola. Mantan bintang Barcelona itu memutuskan untuk gantung sepatu setelah berkarier selama 22 tahun sebagai pemain.

Photo: Geregen2/Wikipedia

Lewat akun instagramnya, Eto’o menyampaikan keputusannya untuk gantung sepatu. “Berakhir. Menuju tantangan baru. Terima kasih semua. banyak cinta untukmu,” tulisnya.

Selama berkarier di lapangan hijau, Eto'o menikmati salah satu momen terbaik saat memperkuat Barcelona. Di klub raksasa Spanyol itu, dia berhasil membantu tim memenangi tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions. 

Setelah lima tahun di Barcelona, Eto'o kemudian bergabung ke Inter Milan pada 2009. Dia kembali menikmati raihan trofi Liga Champions, alias yang ketiga dalam kariernya. Kali ini, prestasi tersebut diraihnya di bawah asuhan Jose Mourino. 

Samuel Eto'o juga pernah menjalani karier yang singkat di Premier League bersama Chelsea dan Everton. Terakhir, dia berkiprah di Qatar FC. Eto'o tercatat berkiprah di 13 klub profesional sepanjang kariernya di kancah sepak bola. Selain itu, ada beberapa hal menarik dari pesepakbola ini.

Menjadi Pemain Pinjaman
Eto'o mengawali karier di sepak bola dengan bergabung bersama klub yang berbasis di Kamerun, Kadji Sport Academy pada 1992-1996. Setelah itu, Eto'o membuat keputusan besar dengan merantau ke Eropa untuk bergabung bersama Real Madrid.

Namun, karier Eto'o selama di Los Blancos tak berlangsung mulus. Ia justru dipinjamkan Real Madrid ke tiga klub diantaranya CD Leganes, Espanyol,dan terakhir RCD Mallorca. Meski demikian, Eto'o justru menunjukkan performa gemilang ketika ia menjadi pemain pinjaman.

Eto'o berhasil mencatatkan 154 penampilan dengan 66 gol dan 7 assist selama empat tahun berada di RCD Mallorca. Berkat peforma apik itu, Barcelona akhirnya berminat untuk menggunakan jasa Eto'o. Bersama Blaugrana, Eto'o berhasil mencetak 130 gol dan 40 assist dari 199 penampilan sekaligus menjadi teman duet Ronaldinho kala itu.

Tumbal Barcelona
Perjalanan karier Eto'o di Barcelona ternyata tak berakhir dengan manis. Setelah lima tahun berkarier di Bacelona dan mempersembahkan dua trofi Liga Champions, Eto'o menjadi tumbal untuk menggaet Zlatan Ibrahimovic. Dikutip dari The Guardian, Barcelona menukar Eto'o dan Alexander Hleb ke Inter Milan demi mendapatkan Zlatan Ibrahimovic.

Barcelona membayar 40 juta euro untuk mendapatkan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan. Meski dijadikan tumbal, namun, Samuel Eto'o mendapatkan keberuntungan karena meraih treble winner di musim pertamanya bersama Inter Milan di bawah asuhan Jose Mourinho. Di Inter Milan, Samuel Eto'o hanya menghabiskan waktu tiga tahun dengan mencatatkan 102 penampilan dengan 53 gol dan 25 asisst.

Menghina Tapi Bergabung dengan Chelsea
Setelah membela Inter Milan, Eto'o sempat hijrah ke klub Rusia Anzhi Makhachkala sebelum bergabung ke Chelsea. Keputusan Eto'o untuk bergabung ke Chelsea terbilang cukup mengejutkan.

Sebab, seperti dikutip dari Mirror, Eto'o pernah menyebut bahwa Chelsea adalah klub yang menyedihkan saat ia masih membela Barcelona. Hinaan itu dikatakan Eto'o setelah mencetak gol ke gawang Chelsea pada Liga Champions 2005.

"Saya akan lebih cepat menjual kacang di desa saya daripada bermain untuk klub seperti Chelsea," kata Eto'o.

Mendadak, Eto'o lupa ingatan dan bergabung bersama klub asal Inggris, Chelsea, pada tahun 2013. Eto'o hanya bergabung selama setahun di Chelsea dengan 35 penampilan dengan 12 gol dan 7 asisst lalu berpindah ke Everton.

Keliling Asia, Eropa, dan Afrika
Selama masih bermain sepakbola, karier Eto'o dihabiskan di Eropa. Namun, sebenarnya Eto'o memulai karier dari benua Afrika, menghabiskan waktu di Eropa, dan pensiun di benua Asia.

Semasa akfif menjadi pesepakbola, Eto'o telah bergabung ke Real Madrid, CD Leganes, Espanyol, RCD Mallorca, Barcelona, Inter Milan, Anzhi Makhachkala, Chelsea, Everton, Sampdoria, Antalyaspor, Konyaspor, dan Qatar SC.

Total sudah 13 tim yang Eto'o lalui, dengan catatan Barcelona merupakan klub terlamanya. Secara keseluruhan di berbagai klub tersebut, Eto'o sudah mencatat 718 penampilan dengan 359 gol dan 116 assist. *** (SS)
 

SHARE