Perwakilan Nusa Tenggara Timur Raih Gelar PPI 2019 - Male Indonesia
Perwakilan Nusa Tenggara Timur Raih Gelar PPI 2019
Sopan Sopian | Whats Up

Setelah melewati masa karantina, akhirnya para finalis Putri Pariwisata Indonesia (PPI) dan Putra Putri Pariwisata Nusantara (P3N) 2019 menjalani sesi penentuan yakni Malam Grand Final yang dilangsungkan di Auditorium TVRI, akhir pekan, awal minggu September 2019 lalu.

Di acara puncak, para finalis PPI dan P3N 2019 yang memiliki nilai tertinggi dari dewan juri, berhak lolos di 10 besar atau top ten. Di 10 besar, finalis harus menjalani sesi menjawab pertanyaan dari dewan juri.

Sesi menjawab pertanyaan ini, menjadi serangkaian penilaian yang dilakukan dewan juri. Sebelumnya penilaian sudah dilakukan selama masa karantina yang dimulai sejak tanggal 31 Agustus 2019.

Setelah dewan juri merampungkan penilaian, akhirnya terpilih finalis yang  menyandang gelar Putri Pariwisata Indonesia 2019 adalah Mawar Saleh dari Nusa Tenggara Timur (NTT), serta yang dinobatkan sebagai Putra Putri Pariwisata 2019 yakni Muhammad Fadly dari Sulawesi Tengah dan Puja Lestari mewakili Sumatera Barat.

“Saya Tidak menyangka bisa memenangkan ajang ini dan ini merupakan mimpi saya, dan saya bisa membuktikan kepada orang-orang dan saya bisa membuktikan kepercayaan yang telah diberikan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Nusa Tenggara Timur kepada saya,” kata Clarita Mawarni Salem.

Hal senada juga disampaikan oleh peraih gelar Putra Putri Pariwisata Nusantara 2019 Muhammad Fadly dan Puja Lestari.

“Alhamdulillah perasaan saya sangat bersyukur, dan saya berterima kasih kepada tim saya, yang pertama adalah Pemerintah Sulawesi Tengah, dan juga seluruh teman saya, sahabat saya yang telah membantu dimulai dari pra event sampai selesainya event ini. Semoga teman-teman bisa jalin kerja sama untuk bangun pariwisata Indonesia,” kata Fadly.

“Saya sangat senang sekali bisa menjadi Putri Pariwisata Nusantara 2019. Terima kasih kepada teman-teman dan seluruh keluarga  dan pihak-pihak yang ikut membesarkan acara ini, semoga kita semua sukses,” ujar Puja.

Kenalkan Budaya Indonesia ke Dunia
Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto mengucapkan selamat kepada para finalis terpilih. Tahun ini, penyelenggaraan kontes yang diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia, berbeda dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini, kontes yang digelar lebih spesial, karena ada dua event besar yang diselenggarakan secara bersama yakni pemilihan pemilihan Putri Pariwisata Indonesia dan Putra Putri Pariwisata Nusantara,” kata Tokoh Pariwisata Indonesia ini.

Lebih lanjut Johnnie menjelaskan, bahwa Yayasan EL JOHN Indonesia adalah lembaga non profit yang memiliki program “Indonesia di Panggung Dunia“. Program ini, memberikan kesempatan kepada generasi Milenial membawa nama Indonesia ke panggung dunia.

“Selain itu, Yayasan EL JOHN lndonesia Juga memiliki program Bringing Indonesia Culture to The World. Keikutsertaan Putri EL JOHN di kontes kecantikan dunia akan membawa program tersebut, dengan memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga dunia,” tambahnya.

Kali ini tema yang diusung untuk pemilihan Putri Pariwisata Indonesia, bertajuk Celebrating Wonderful Indonesia, sementara untuk pemilihan Putra Putri Nusantara 2019, tema yang diangkat yakni The Young Milenials Generation of Tourism. 

Di harapkan dengan tema tersebut, para finalis dapat menjadi endorser dan Influencer yang berkualitas, yang dapat lebih gencar lagi mempromosikan pariwisata Indonesia ke mancanegara lewat perangkat digital.

“Kami sedang membuat rencana bikin lima tahun ke depan beserta temanya, nah dari tema itu, kami akan bikin program kerja  supaya sinergi dengan pemerintah, sinergi dengan pasar yang mau kita kejar. Katakanlah kita mau kejar pasar Asia, nah kita bikin program yang berkaitan dengan promosi agar turis-turis di Asia bisa rombongan datang  ke Indonesia," kata Johnnie 

Selain itu, tidak kalah penting juga untuk turis dalam negeri, karena pariwisata itu ujungnya itu kejar pertumbuhan ekonomi, jadi kita ingin uang itu berputar di masyarakat. Jadi itu program kerja yang kami buat untuk Putri Pariwisata," tutup Johnnie.

SHARE