Menikmati Wisata Memesona di Negeri Paling Bahagia - Male Indonesia
Menikmati Wisata Memesona di Negeri Paling Bahagia
Gading Perkasa | Relax

Setelah menjadi negara terbaik untuk wisata backpacking, Finlandia kembali terpilih sebagai destinasi wisata alam terbaik tahun 2019. Negeri ini menempati peringkat pertama dari 107 negara yang disusun Global Wildlife Travel Index berdasarkan data WWF, Living Planet Index, World Bank, serta sumber lain. Apalagi dengan gelar yang didapatkan oleh Finlandia, sebagai negara paling bahagia di dunia. Tak salah jika Finlandia, harus menjadi destinasi Anda. 

Photo: Good Free Photos

Negeri Finlandia memang pantas dikunjungi turis. Sebab, selain wisata alam, Finlandia juga menawarkan wisata alternatif. Apa saja?

Igloo kaca
Photo: wikimedia commons

Finlandia adalah negara yang memiliki musim kontras. Di musim panas, matahari akan bersinar lebih lama, begitu pula sebaliknya. Karena itu, Finlandia disebut negara dengan matahari malam (midnight sun).

Musim dingin, matahari jauh lebih redup. Namun di masa yang disebut kaamos ini, terlihat jelas pemandangan Cahaya Utara. Bermalam di igloo kaca akan memberi pengalaman berbeda saat datang di kedua musim ini.

Pulau mercusuar dan kota kayu
Banyak lokasi mercusuar di Finlandia, salah satunya Bengtskar, mercusuar tertinggi di negara Nordik. Anda bisa ke pulau ini dengan menumpang perahu. Lebih baik datang pada bulan Juni sampai akhir Agustus. Turis diizinkan bermalam di dalam mercusuarnya.

Sementara, mercusuar Soderskar bisa dikunjungi dari Helsinski. Pelayaran dengan perahu memakan waktu sekitar dua jam.

Selain pulau mercusuar, jangan lupa datangi rumah tradisional yang terbuat dari kayu di sejumlah area di Helsinki, seperti Kapyla dan Villa. Rumah-rumah kayu ini merupakan ciri khas Finlandia, negara yang 70 % lahannya hutan.

Jika ingin beranjak ke tempat lain untuk melihat rumah kayu, kunjungi area Loviisa di kawasan selatan dan Rauma di kawasan barat.

Situs UNESCO
Ada tujuh situs UNESCO di Finlandia, enam budaya dan satu situs alam. Salah satu situs yang terkenal di sini ialah pulau benteng Suomenlinna di Helsinki (masuk daftar UNESCO pada 1991).

Suomenlinna memiliki tujuh pulau kecil serta bangunan bersejarah. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menaiki kapal feri dari Kauppatori dengan durasi perjalanan 15 menit.

Mendaki atau ski
Sebanyak 40 taman nasional ada di Finlandia. Di musim dingin, turis bisa bermain ski dan melakukan pendakian di musim panas. Kawasan Kilpisjarvi menawarkan pengalaman berski di bawah matahari malam atau Cahaya Utara.

Sauna atau berendam es
Sauna memang menjadi tradisi orang Finlandia. Ada sekitar 3 juta bangunan sauna dan 188 ribu tempat sauna alam di sana. Selain sauna air hangat, penduduk setempat senang berendam di kolam es saat musim dingin. [GP]

SHARE