Wine, Minuman Berkelas yang Makin Membumi - Male Indonesia
Wine, Minuman Berkelas yang Makin Membumi
MALE ID | Relax

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Wine? Baik red wine, white wine ataupun sparkling wine, minuman yang satu ini sudah sangat melekat di hati banyak orang. Saat ini wine bukan hanya identik dengan minuman berkelas bagi gaya hidup kelas atas saja, tetapi pemanfaatannya juga bisa digunakan untuk banyak hal lain termasuk memasak. Dengan rasanya yang unik dan khas, wine sudah berhasil memikat banyak orang di Indonesia. Jenis-jenis wine yang ditawarkan pun semakin beragam, juga tersedia dengan harga yang lebih terjangkau.

minuman wine - male indonesia
Pexels.com

Pada adasamya, wine adalah minuman beralkohol yang dibuat dari fermentasi buah, khususnya anggur. Anggur dihancurkan, lalu dicampur dengan variasi yeast untuk mengubah kadar gula menjadi alkohol. Wine juga bisa dibuat dari buah-buahan lain. Dengan variasi spesies anggur dan yeast, produk wine yang dihasilkan pun akan berbeda.

Wine sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Banyak yang berpendapat bahwa masyarakat Yunani adalah pelopor perkebunan anggur, sekitar 5000 hingga 4000 SM. Begitu pula beberapa literatur menyebutkan Mesopotamia atau sekarang dikenal sebagai negara Irak adalah yang pertama memproduksi minuman wine. Di jaman dulu, wine lebih sering menjadi bagian dari persembahan, doa kepada para dewa, tetapi justru masyarakat modern justru menjadikan wine sebagai minuman berkelas yang juga bagian gaya hidup.

Pasta, salmon dan tuna panggang, daging merah, sering menjadi pendamping saat menikmati wine. Rata-rata harga wine memang tergolong tinggi, maka banyak orang menganggap wine merupakan bagian dari gaya hidup mewah. Beberapa jenis wine yang banyak dikenal antara lain, red wine, white wine, rose wine, champagne (sparkling wine), dan port wine.

Perlu diketahui, bahwa berbeda jenis anggur berbeda pula rasanya, begitu juga dengan karasteristiknya. Beberapa penyebab perbedaan karasteristik dari wine antara lain:

  • Jenis anggur yang digunakan dalam pembuatan wine
  • Tanah tempat tanaman anggur bertumbuh
  • Ketelitian dari pembuat wine (wine maker)
Negara-negara yang mendominasi produksi wine adalah Perancis, Italia, Jerman, Chile, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Argentina, Portugal, dan Australia. KIni, Indonesia pun sudah terdapat bebrapa produsen wine, seperti Hatten dan Sababay. Dan tentu saja wine yang diproduksi pada tiap negara memiliki rasa khas yang berbeda.** MALE

SHARE