Sol Sepatu Rentan Rusak, Perbaiki dengan Benar - Male Indonesia
Sol Sepatu Rentan Rusak, Perbaiki dengan Benar
Gading Perkasa | Looks

Sering terkena gesekan, sol sepatu jadi bagian yang paling sering cepat rusak pada sepati. Tapi jangan dulu Anda membuang sepatu tersebut, kalau hanya bagian sol yang rusak.

Photo by chuttersnap on Unsplash

Setidaknya ada beberapa solusi untuk memperbaiki sol sepatu yang bisa Anda coba. Caranya pun terbilang mudah. Berikut ulasan memperbaiki sol sepatu berdasarkan jenis sepatunya.

Sneakers
Sneakers paling banyak dipakai oleh pria kekinian. Pemakaian yang semakin sering akan menyebabkan sol sepatu lebih rawan untuk rusak. Masalah utamanya yaitu sol yang lepas. Anda harus menyiapkan lem guna memperbaikinya.

Agar lem merekat sempurna, bersihkan alas sepatu terlebih dahulu. Coba mengamplas pula bagian alas sepatu.

Pantofel
Sepatu pantofel yang dipakai kerja tentu juga gampang rusak di bagian sol karena umur. Sepatu jenis ini memiliki harga tinggi, jadi sangat disayangkan kalau solnya lepas langsung Anda buang.

Permasalahan utama dari sepatu pantofel adalah solnya lepas atau terkikis akibat gesekan. Kunci untuk memperbaikinya, jangan menggunakan lem kuning karena dapat merusak sepatu. Power glue lebih mampu merekatkan sol sepatu pantofel.

Kini tempat reparasi sepatu menawarkan jasa melapisi bagian sol dengan plastik transparan super tipis namun kuat. Ini bisa menjadi pilihan agar bagian sol tetap dalam keadaan terbaik.

Boots
Sepatu ini memang berbeda dari model lain. Karena boots biasanya memiliki sol sepatu yang tidak dijahit. Sehingga ketika sol lepas, sepatu benar-benar jebol.

Solusinya cuma satu, bawa ke tempat reparasi sepatu. Anda bisa mengganti, atau memasang sol sepatu yang lama. Tapi biaya perbaikannya cukup tinggi. Kalau kondisinya sudah parah, saatnya Anda ganti boots yang baru.

Sepatu bola
Sepak bola adalah olahraga paling difavoritkan seluruh orang di dunia, termasuk kaum adam. Banyak dari mereka juga mengoleksi sepatu bola. Dibandingkan sepatu futsal yang memiliki sol bawah rata, bagian sol sepatu bola bergerigi.

Permasalahan pada sepatu bola biasanya hadir di bagian gerigi tersebut. Gerigi bisa rusak dan copot karena gesekan di lapangan. Ketika ini terjadi, Anda dapat mencoba menggunakan lem atau menjahit bagian gerigi.

Jika memang sudah rusak, segera buang. Karena mengenakan sepatu bola yang tidak sempurna, rentan membuat kaki cedera. [GP]

SHARE