Kopi Picu Buang Air Besar, Mitos atau Fakta? - Male Indonesia
Kopi Picu Buang Air Besar, Mitos atau Fakta?
Gading Perkasa | Sex & Health

Kopi merupakan minuman yang cukup kuat. Entah diminum di pagi atau sore hari, minuman pekat ini dapat membuat Anda ingin buang air besar.

buang air besar - male IndonesiaPhoto by Danielle MacInnes on Unsplash

Sebuah studi yang dipresentasikan pada Digestive Disease Week menemukan bahwa hal itu tidak berkaitan dengan kandungan kafein seperti yang dinyatakan di penelitian sebelumnya.

Seperti dilansir dari Mindbodygreen, keinginan buang air besar setelah menenggak kopi kemungkinan erat kaitannya dengan perubahan mikrobioma dan peningkatan pergerakan usus.

Guna mendapatkan hasil ini, para ilmuwan memberikan kopi berkafein dan non kafein kepada tikus selama tiga hari berturut-turut. Hasilnya, selama periode tersebut, usus kecil milik tikus tetap menunjukkan kontraksi, terlepas dari tingkat kandungan kafeinnya.

Para peneliti menduga, mikrobioma usus berperan dalam hal bagaimana kopi memengaruhi bakteri-bakteri di usus. Untuk memastikannya, mereka kemudian mencampurkan kotoran tikus dan kopi dalam cawan petri dan melihat bahwa jumlah bakteri berkurang.

Menariknya, para peneliti menemukan bahwa semakin tinggi jumlah kopi di cawan petri (dengan atau tanpa kafein), semakin sedikit mikroba yang ada. Di samping itu, dalam kurun waktu tiga hari, jumlah bakteri di kotoran tikus juga menurun.

Penelitian lebih lanjut diperlukan demi menentukan apakah kopi menghilangkan bakteri yang baik atau buruk. Namun, bagaimana pun juga, temuan ini berarti bahwa alasan kopi membuat kita ingin buang air besar disinyalir karena ada perubahan mikrobioma usus.

Lantas, apa artinya ini bagi kita? Menurut para ahli, idealnya seseorang buang air besar 1 - 3 kali dalam sehari. Selain itu, akan sangat baik jika makanan yang dikonsumsi benar-benar merangsang gerakan usus.

Vincent Pedre, spesialis kesehatan usus mengatakan apabila gerakan usus sangat sedikit dan merasa sakit ketika ingin buang air besar, maka artinya Anda mengalami sembelit. Sehingga, kopi diduga bisa dimanfaatkan untuk merangsang gerakan usus dan Anda dapat buang air besar secara normal.

Hanya saja, masih perlu studi lebih lanjut guna mengetahui apakah kopi bisa menjadi pilihan tepat dan efektif dalam mengatasi masalah sembelit. [GP]

SHARE