Bintang Baru Arsenal Bernama Matteo Guendouzi - Male Indonesia
Bintang Baru Arsenal Bernama Matteo Guendouzi
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Didatangkan Arsenal dari klub kasta kedua liga Prancis, Lorient pada musim 2018/19 lalu, Matteo Guendouzi sempat diragukan bisa beradaptasi dengan gaya permainan sepakbola Inggris.

Photo: wikimedia commons

Akan tetapi, fakta di lapangan berkata lain. Pemain yang mampu berperan sebagai gelandang tengah sekaligus bertahan ini ternyata bisa menjadi pilihan utama Arsenal. Bahkan, performa Matteo Guendouzi juga terus mengalami perkembangan.

Musim 2019/2020, Guendouzi masih diberi kepercayaan oleh sang pelatih Arsenal, Unai Emery untuk mendapatkan menit reguler. Tiga laga perdana Arsenal di Premier League membuat ia telah mencatatkan 50 pertandingan untuk klub dari semua kompetisi yang dilakoninya.

Melihat usianya yang sangat muda, namun diberi banyak kesempatan oleh pelatih asal Spanyol itu, tampaknya menjadikan Guendouzi cukup senang atas perkembangannya di Emirates Stadium.

“Saya benar-benar senang dengan kondisi di sini. Musim lalu, penting bagi saya untuk membuat perkembangan penampilan saya,” ujar Guendouzi, seperti dikutip dari Goal.

“Sekarang, musim baru telah datang. Saya merasa seperti punya kesempatan untuk semakin menunjukkan penampilan terbaik,” ujarnya lagi.

Performa sang gelandang yang senantiasa positif menuai pujian dari Emery. Ia menilai, penampilan Guendouzi bersama Arsenal di awal musim 2019/2020 merupakan kunci dalam skema kepelatihannya.

“Dia membuat kami mengontrol permainan dan juga kombinasinya bagi kami berarti. Dia sangat penting di dalam tim. Dia juga salah satu pemain kunci,” kata Emery, seperti dilansir dari situs resmi klub.

Emery juga terkesan dengan perkembangan yang ditunjukkan oleh Guendouzi. Ia menyebut gelandang asal Prancis kelahiran 14 April 1999 tersebut menunjukkan perkembangan signifikan sejak debutnya di musim 2018/2019.

Namun, Emery juga menegaskan bahwa Guendouzi masih perlu meningkatkan permainannya. Terutama dari segi defensif dan fisik.

“Dia sangat muda tapi dia menunjukkan perkembangan. Tahun lalu, sangat luar biasa untuk perkembangannya, mendapat kepercayaan diri, ritme, dan beradaptasi dengan tim,” ucap Emery.

“Tahun ini, ia memberi kami opsi taktikal lebih banyak dengan bola. Dia bekerja untuk memperbaiki performa bertahannya dan juga memperkuat tubuhnya agar sesuai fisik di kompetisi Liga Primer.” [GP]

SHARE