Meski Miliki Kekurangan, Musisi Ini Dikenal Dunia - Male Indonesia
Meski Miliki Kekurangan, Musisi Ini Dikenal Dunia
Sopan Sopian | News

Memiliki keterbatasan fisik, bagi sebagian orang berpikir itu merupakan pengahambat kreativitas, khususnya dalam dunia musik. Tapi faktanya, ada orang orang tuli yang bisa menciptakan mahakarya luarbiasa. Dia adalah Beethoven.

Beethoven menjadi salah satu musisi dengan fisik yang kurang sempurna, masih ada beberapa musisi lain yang berhasil mematahkan anggapan bahwa orang dengan keterkurangan fisik tidak bisa berkreativitas dan membuat sebuah karya musik untuk diakui dunia.

Paul Wittgenstein


Paul Wittgenstein adalah seorang musisi yang sangat berpengaruh di zamannya. Beberapa karya musik yang ia diciptakan kerap digunakan dalam sebuah konser-konser akbar, meski ia hanya memiliki satu tangan saja. Cacat ini ia alami saat ikut bertarung pada perang dunia pertama. Tangannya terkena ledakan hingga harus diamputasi agar bisa bertahan hidup.

Django Reinhardt


Django adalah salah satu musisi dengan cacat tubuh paling berpangaruh di dunia. Kehebatannya dalam memetik gitar hanya menggunakan dua jari tangan membuat ia sangat disegani. Bahkan banyak orang dengan tubuh mengalami cacat atau disabilitas tergugah untuk terus berkarya. Django kehilangan jari-jarinya saat caravan yang ia tumpangi terbakar. Dokter sebenarnya ingin mengamputasi tangannya, namun ia menolak. Ia ingin tetap bermain musik apa pun keadaannya.

Tony Iommi


Tony Iommi adalah orang yang namanya sangat bersinar di dunia heavy metal. Ia merupakan salah satu pencipta hebat di dunia musik super keras itu. Tapi tak banyak orang tahu seperti apa kisah tragis yang dialami musisi ini hingga sempat membuatnya nyaris pensiun karena cacat di tubuhnya. Tony bekerja di sebuah perusahaan metal sembari mengembangkan karier bermusiknya. Suatu ketika, saat ia bekerja, ujung jari tengah dan jari manisnya terpotong mesin.

Niccolo Paganini


Niccolo adalah musisi musik klasik yang memiliki nama di dunia. Ia adalah idola seperti layaknya Mozart atau Beethoven. Ia sangat lihai dalam bermain violin sehingga menghasilkan musik yang sangat berkelas. Namun tahukah anda jika Niccolo memiliki cacat tubuh yang sangat parah. Ia mengidap dua buah sindrom sekaligus, pertama Marfan Syndrome, dan yang kedua adalah Ehlers-Danlos Syndrome. Dua gangguan ini membuat otot tubuh tak dapat bekerja dengan baik.

Thomas Quasthoff


Saat sedang mengandung, ibu dari Thomas Quasthoof kerap menggunakan Thalidome agar tak mengalami muntah saat bangun tidur. Namun obat itu justru membuat Thomas mengalami cacat pada bagian tubuhnya. Saat lahir tangan Thomas tak berkembang dengan sempurna. Pun jarinya juga hanya ada tiga buah di tangan sebelah kiri. *** (SS)

SHARE