Makanan yang Bikin Berjerawat dan Gigi Berlubang - Male Indonesia
Makanan yang Bikin Berjerawat dan Gigi Berlubang
Sopan Sopian | Looks

Mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi tidak hanya buruk untuk kesehatan kulit tapi juga gigi. Meskipun gula punya peran penting untuk tubuh porsinya harus diatur agar tidak berlebih. 

Photo by David Garrison from Pexels

Selain itu, perlu diketahui, bahwasa ketika gigi Anda berluabng, bisa menimbulkan berbagai masalah lainnya, salah satunya pada kesehatan kulit sehingga dapat menimbulkan jerawat. Mengapa bisa terjadi?

Gigi berlubang yang timbul abses pada gusi, gusi yang terluka merupakan pintu gerbang bagi bakteri di dalam mulut untuk masuk ke dalam aliran darah yang kemudian menempel di trombosit, menyebabkan penggumpalan darah dan memicu serangan jantung. Selain ke jantung, kondisi ini juga dapat menimbulkan masalah pada kulit, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat.

Maka dari itu, penampilan rusak juga bukan karena debu dan lainnya, tetapi justru dari gigi. Alhasil ini erat kaitannya dengan makanana yang Anda konsumsi. Maka dari itu, Anda perlu tahu beberapa makanan yang sering dikonsumsi tanpa disadari dapat membuat gigi berlubang yang kemudian bisa mengakibatkan jerawat pada wajah Anda.

Soda
Minuman berkarbonasi atau yang lebih umum dikenal dengan soda memiliki kandungan gula, asam, dan karbonasi. Ketiga kandungan tersebut dapat mempercepat pertumbuhan bakteri di rongga mulut yang dapat merusak gigi. 

Soda dapat mengikis lapisan enamel secara perlahan yang pada akhirnya membuat lubang di gigi. Kerusakan dapat terus berkembang seiring porsi dari soda yang dikonsumsi secara rutin.

Es Batu
Meskipun es batu tidak memiliki kandungan gula ataupun asam yang berbahaya untuk gigi, namun ada baiknya untuk menghindari kebiasaan mengunyah es batu. Gigi dapat mengalami kerusakan bila mengunyah benda yang keras dan juga sangat dingin. Hal ini dapat menimbulkan iritasi pada jaringan lunak dalam gigi yang pada jangka panjang dapat menimbulkan sakit gigi hingga gigi berlubang

Permen
Makanan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi bahayanya untuk kesehatan gigi. Rasa manisnya yang sangat memuaskan mulut dapat membuat kita kecanduan. Selain permen manis, permen asam juga memiliki bahaya yang sama. 

Kandungan gula dan asam yang ada di dalam permen dapat mengikis enamel pada lapisan terluar gigi. Bila enamel terlalu terkikis, menyikat gigi justru dapat memperparah kesehatan gigi. 

Alkohol
Konsumsi alkohol dapat membuat mulut dehidrasi dan kering. Hal ini menyebabkan sisa-sisa makanan tidak dapat dibersihkan dan jaringan lunak mulut mengalami infeksi dan iritasi. 

Kekeringan di mulut juga menjadi penyebab penyakit karena kuman akan berkembang biak tanpa adanya air liur di mulut. Pada akhirnya, kuman-kuman tersebut akan merusak gigi hingga menimbulkan lubang. *** (SS)

SHARE