Lakukan Hal Ini Jika Koper Hilang di Bandara  - Male Indonesia
Lakukan Hal Ini Jika Koper Hilang di Bandara 
Sopan Sopian | Relax

Setelah penerbangan panjang, mendarat di bandara tempat tujuan berlibur tentu sangat menyenangkan. Tapi jika mendapati koper milik Anda tak berada di tempat pengambilan bagasi tentu bukan hal yang Anda inginkan sama sekali bukan?

Photo by rawpixel.com from Pexels

Ketika Anda sudah lama menunggu namun koper Anda tidak juga muncul, ada kemungkinan barang Anda masuk ke baggage claim maskapai lain. Untuk itu, tak ada yang ingin setibanya di bandara tujuan untuk menyambangi desk klaim bagasi (baggage claim), idealnya Anda ingin proses keluar dari bandara bisa berjalan lancar, urusan koper atau bawaan yang ditaruh di bagasi (kargo) pesawat dapat diambil dengan mudah. 

Namun, Anda jangan dulu panik dan gusar. Karena, menurut Creative Director di Secret Fares, Kate Sullivan dalam laman Reader's Dogest, jika dalam lima hari belum juga ada yang mengambil, pihak bandara aka memindahkannya ke tempat penyimpanan khusus. Pihak maskapai maupun pengelola bandara akan mencoba menghubungi pemilik koper lebih dulu.

Jika tidak juga bisa dihubungi, pengelola bandara akan menyimpannya selama 60 hari dan menunggu sampai ada kontak dari pemiliknya. Apabila sampai lebih dari 60 hari tidak juga ada kabar, koper dan isinya akan disumbangkan ke yayasan atau orang yang membutuhkan sesuai kebijakan masing-masing bandara.

Di Indonesia, setiap maskapai memiliki ketentuan dan prosedur untuk klaim bagasi bagi penumpang. Laman Garuda Indonesia menuliskan bila bagasi tertunda dan telat sampai, Anda dapat mengajukan klaim dengan cara yang sama pada umumnya di setiap maskapai. 

Pastikan bukti laporan PIR (Property Irregularity Report) dari bagian Lost and Found Anda terima dan tunggu perkembangan bagasi. Sebagai informasi PIR adalah laporan ketidaksesuaian barang. Tak berbeda jauh dengan Garuda Indonesia, dikutip dari Airasia, penumpang yang kehilangan barang harus mengisi formulir PIR dan menunggu informasi dari pihak maskapai. 

Nah, tentunya dalam formulir pengisian klaim memiliki beberapa prosedur, untuk mempermudah petugas membantu Anda, kiranya Anda perlu memerhatikan hal-hal berikut ini ketika koper Anda dirasa hilang.

Mengenali Bagasi atau Koper Anda
"Tahu merek, warna, dan ukuran bagasi Anda," kata Richie Copelovitch dari iFLY Luggage. Semakin detail Anda bisa menjelaskan kondisi bagasi Anda yang hilang, semakin mudah bagi petugas bandara/maskapai untuk menemukannya.

Cari Tahu Kebijakan
Setiap maskapai punya kebijakan tersendiri. Cari tahu apa saja kompensasi yang diberikan jika bagasi Anda hilang. Terkadang aturan mengenai kompensasi ini juga tertera pada tiket Anda. Pastikan Anda mengetahui peraturan ini.

Biarkan Bagasi Diantar
Jangan jadi sukarelawan untuk kembali ke bandara mendapatkan tas Anda yang hilang. Ini tanggung jawab maskapai, jadi biarkan mereka yang mengantarkan pada Anda. Cukup beritahu dimana lokasi Anda tinggal.

Tetap Pantau Status Bagasi
Setiap hari penerbangan berurusan dengan beragam masalah, jadi jangan sampai masalah bagasi Anda terabaikan. Tetap pantau sejauh mana perkembangan bagasi Anda.

Gunakan Asuransi Perjalanan
Jika bagasi Anda hilang untuk sementara waktu atau tidak dapat ditemukan lagi asuransi perjalanan membantu menutupi beberapa kerugian Anda, meskipun tidak semua. *** (SS)

SHARE