Waduh, Tempat Wisata Indah Ini Sempat ditutup - Male Indonesia
Waduh, Tempat Wisata Indah Ini Sempat ditutup
Sopan Sopian | Relax

Kegiatan wisata di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan ditutup mulai Januari 2020. Penutupan ini merupakan respons dari kasus penyeludupan 41 komodo yang dijual ke luar negeri.

Sebagaimana diketahui, komodo merupakan salah satu dari tujuh keajaiban yang dilindungi di dunia. Namun karena lokasi tersebut semakin banyak didatangi oleh para wisatawan, alhasil pemerintah dengan sengaja menutup Pulau Komodo untuk melindungi habitat satwa serta lingkungan tempat tersebut.

Ternyata bukan hanya Pulau Komodo saja yang bakal di tutup, beberapa tempat wisata di negara lain juga ada yang sengaja di tutup lantaran terlalu banyak didatangi para wisatawan.

Maya Bay, Thailand

Photo: Mikecleggphoto/Wikipedia

Gugusan pulau indah ini menjadi terkenal setelah jadi lokasi syuting film The Beach tahun 2000 yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Maya Bay, Thailand ditutup untuk wisatawan tahun lalu (2018) hingga 2021 dalam upaya untuk menyelamatkan terumbu karang yang telah rusak oleh suhu yang lebih hangat dan banjir wisatawan.

Base Camp Gunung Everest

Photo: Clearychizmar/Wikipedia

Pemerintah China menutup base camp Everest tahun ini bagi siapa pun. Tak seorang pun boleh mendaki tanpa izin pendakian. Penutupan jalur pendakian Everest ini dilakukan karena banyaknya sampah yang menumpuk di jalur tersebut. Menurut situs web perjalanan Lonely Planet, Base camp China, yang terletak di Tibet, dapat diakses dengan mobil.

Kepulauan Faroe, Denmark

Photo: Jonesey /Wikipedia

Denmark memutuskan menutup tempat wisata populernya selama bulan April tahun ini.Selain itu, ada sepuluh situs turis populer ditutup sementara dalam upaya pemeliharaan oleh tim relawan internasional. Hal ini dilakukan setelah terjadi peningkatan 10 persen dalam jumlah pengunjung beberapa tahun terakhir, termasuk kunjungan ke Kepulauan Faroe.

Boracay Island, Filipina

Photo: Panoramio/Wikipedia

Pulau Boracay pernah ditutup selama enam bulan dalam upaya pembersihan. Pulau ini ditutup mulai dari April hingga Oktober 2018 setelah disebut seperti kolam limbah oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Sebanyak 2 juta pengunjung datang setiap tahunnya, namun kini dibatasi menjadi hanya 19 ribu pengunjung per hari dan melarang adanya pesta pantai, merokok dan minum-minum.

Fjadrargljufur Canyon, Islandia

Photo: Pjt56/Wikipedia

Lembah Fjadrargljufur merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer karena keindahan alamnya yang sangat memesona. Saking bagusnya, tempat ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting video klip Justin Bieber. Tempat ini sempat ditutup untuk turis selama tiga bulan karena kerusakan akibat cuaca basah dan lalu lintas dari para pejalan kaki. *** (SS)

SHARE