Berani Coba Arung Jeram, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu - Male Indonesia
Berani Coba Arung Jeram, Perhatikan 7 Hal Ini Dulu
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Arung jeram atau rafting menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati. Biasanya mereka tertarik untuk mencobanya, karena merasa tertantang untuk menaklukkan adrenalin. Tetapi ada pula sebagian kalangan yang enggan arung jeram, dengan alasan takut boat terbalik, dan tidak bisa berenang.

Photo by Tom Fisk from Pexels

Padahal, tidak bisa berenang pun tidak terlalu masalah, lantaran pihak pengelola telah menyediakan beberapa alat keselamatan seperti jaket pelampung dan tim penyelamat yang ada di sepanjang lintasan arung jeram. Meski begitu, bagi Anda yang baru pertama ingin mencobanya, sebelum turun langsung bermain Arung Jeram, fakta ini wajib sekali dipelajari dan diketahui. 

Cari Tahu Tentang Sungai
Sebelum pergi ke lokasi arung jeram, cari tahu dulu informasi mengenai sungai yang akan Anda lalui. Informasi yang dicari bisa berupa deras arus, panjang sungai yang akan dilalui, jenis bebatuan dan zona-zona ekstrem. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui medan yang akan dihadapi.

Musim Hujan Waktu Terbaik
Banyak yang takut arung jeram saat musim hujan. Padahal faktanya, debit air sungai yang meninggi dapat menghasilkan aliran arus yang deras dan jeram-jeram besar yang menantang. Pengarungan sungai jadi lebih mendebarkan. Tidak perlu khawatir, karena operator tetap memperhatikan keamanan.

Isi Perut Lebih Dahulu
Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum berarung jeram adalah mengisi perut. Arugn jeram adalah olahraga yang akan menghabiskan banyak tenaga. Jadi, jika tidak ingin kehabisan tenaga, makanlah terlebih dahulu. Tapi ingat, jangan makan tepat sebelum memulai arugn jeram karena bisa menyebabkan Anda mual-mual bahkan muntah. Makanlah 2 atau 3 jam sebelum memulai.

Jangan Gunakan Pelampung Kecil atau Kebesaran
Pastikan pelampung yang Anda pilih masih lengkap dan dalam kondisi baik (tidak sobek dan memiliki tali). Bila pelampung kebesaran, Anda akan kesulitan mengapung. Bahkan, bisa jadi pelampung akan lepas. Maka pilihlah pelampung yang pas di badan.

Lakukan Pemanasan
Selama berarung jeram, akan ada banyak hal terjadi. Anda bisa saja diharuskan lompat atau berenang tiba-tiba. Agar tidak terjadi cedera otot, lakukanlah pemanasan 10-15 menit sebelum memulai arung jeram. Ini penting untuk melenturkan otot.

Celana Panjang Bisa Menyulitkan
Celana panjang akan menyulitkan Anda untuk bergerak. Selain itu juga menyulitkan untuk berenang. Lebih baik mengenakan celana pendek. Anda bisa leluasa berenang dan bergerak di atas perahu. Yang perlu diingat, pilihlah celana pendek yang mengikat. Bila perlu kenakan ikat pinggang untuk menghindari celana pendek Anda melorot. Celana outdoor waterproof bisa jadi pilihan.

Sungai Alas, Sungai Terbaik untuk Arung Jeram
Anda perlu tahu, bahwa Sungai Alas di Aceh menjadi sungai terbaik untuk arung jeram. Sungai Alas mempunyai variasi grade. Mulai grade 3 hingga 4. Sungai Alas juga biasa digunakan untuk kejuaraan nasional. Sungai Alas mempunyai arus sungai yang deras dan kelokan tajam. Anda pasti menyukai tantangan ini. *** (SS)

SHARE