Tipe Orang di Kantor yang Perlu Anda Didekati - Male Indonesia
Tipe Orang di Kantor yang Perlu Anda Didekati
Sopan Sopian | Works

Saat Anda bekerja, Anda tentu akan menemukan sejumlah orang. Orang-orang ini biasanya memiliki sejumlah watak atau jabatan yang mereka miliki. Jika Anda ingin sukses di kantor, Anda harus akrab dengan mereka. Bila perlu, Anda sebaiknya berteman baik dengan orang-orang tersebut.

orang kantor  - Male IndonesiaPhoto by Priscilla Du Preez on Unsplash

 

Datangnya peluang kesuksesa itu bisa dari mana saja, termasuk dari orang-orang berada di sekitar Anda. Perlu diketahui, orang-orang sukses yang namanya Anda kenal bisa berhasil tidak lepas dari orang-orang yang dekat dengan mereka juga.

Menurut laman Monster, setidaknya ada empat orang di kantor yang harus Anda dekati, bila perlu Anda menjadi teman baik mereka. Berteman baik dengan orang-orang tersebut bakal memberi dampak positif. Berikut ini lima orang yang dimaksud.

Rekan Kerja dan Saingan Anda
Lazimnya, rekan kerja atau saingan haruslah dianggap sebagai kompetitor. Hal itu dilakukan agar Anda bisa bersaing secara sehat dengan pesaing tersebut. Namun, menurut Lori Scherwin, saingan kerja justru jangan dijadikan pesaing atau kompetitor. Dia menyarankan agar Anda justru harus berteman baik dengan mereka.

"Berteman baik dengan saingan Anda dapat membuat pekerjaan Anda (dan saingan Anda) lebih cepat selesai. dan hasilnya pun lebih baik," tutur Scherwin.

Selain harus berteman baik, Scherwin juga menyarankan agar Anda lebih rajin berkomunikasi dengan mereka. Tanyakanlah pada mereka tentang pekerjaan apa yang sedang dia kerjakan, dan bagaimana cara menyelesaikannya. Bila perlu, ajaklah dia sekali-kali makan siang.

Karyawan Terbaik
Di setiap kantor, pasti ada satu dua orang yang menjadi karyawan terbaik. Bila kantor Anda salah satunya, maka Anda harus bisa berteman baik dengan karyawan tersebut. Alasannya, Anda bisa belajar lebih banyak bagaimana cara melakukan hal-hal terbaik untuk kantor, dan menjadi orang terbaik di kantor. 

Unttuk berteman dengan orang satu ini, Anda bisa melakukannya dengan menyapa secara ramah. Cara ini dilakukan jika Anda kebetulan berpapasan atau ada project bersama dengannya. Ajaklah dia berbincang-bincang. Tapi Anda juga baiknya mengetahui seperti apa orang ini. Misalnya: hobinya, tempat dia berasal, dan sejenisnya. Tentu agar Anda dan dia bisa menyambung dalam sesi obrolan tersendiri.

Mentor
Selain karyawan terbaik, sebuah kantor biasanya punya seorang mentor. Mentor sendiri biasanya adalah karyawan senior atau karyawan yang punya skil serta pengalaman yang banyak. Bila Anda menemukan mentor, maka tak ada salahnya untuk berteman baik dengannya.

Menurut Hallely Azulay (CEO TalentGrow), seorang mentor dapat membantu Anda bagaimana cara melihat kantor Anda, dan membantu untuk berpikir bagaimana cara memajukan kantor. Untuk itulah, berteman baik dengan orang ini sangatlah baik dilakukan.

Bos
Berteman dengan bos sendiri gampang-gampang susah. Apalagi, jika bos Anda jarang sekali ke kantor, bahkan tidak senegara dengan Anda. Lalu, bagaimana caranya agar bisa berteman dengannya? 

Anda hanya tinggal mengetahui apa yang menjadi visi misi perusahaan. Visi misi perusahaan biasanya mencerminkan seperti apa karakter bos Anda. Bila Anda kebetulan bertemu dengannya, coba sesekali ajak bicara secara baik-baik.

Kemudian, cobalah tanyakan kepadanya apa yang kini sedang dia kerjakan. Tanyakan pula apa target yang dia kejar untuk ke depannya, baik untuk kehidupan pribadinya atau perusahaannya.

Mungkin akan merasa agak canggung untuk melakukan cara di atas. Namun, bila Anda berhasil melakukannya, maka bos Anda akan terbuka pada Anda, dan tentu akan lebih menghargai Anda sebagai karyawannya. *** (SS)

SHARE