Kimchi, Kuliner Pedas Favorit Orang Korea - Male Indonesia
Kimchi, Kuliner Pedas Favorit Orang Korea
Gading Perkasa | Relax

Liburan ke Korea tidak sah rasanya bila belum mencicipi kimchi. Makanan tradisional ini adalah makanan wajib orang Korea, berupa asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas.

Photo: Pixabay

Salah satu ciri khas dari kimchi adalah rasanya yang asam. Meski asam, orang Korea sulit lepas dari kimchi. Tidak heran makanan ini sering muncul di acara televisi maupun serial Korea sehingga menggugah selera makan kita.

Awalnya berwarna putih
Disebutkan, kimchi pertama kali ditemukan di Korea sekitar 2.600 - 3.000 tahun yang lalu. Kala itu, kimchi disajikan tanpa bubuk cabai sehingga hanya memiliki warna putih saja. Saat bangsa Portugis mengenalkan bubuk cabai pada abad ke-18, masyarakat Korea mulai menggunakannya untuk membuat kimchi.

Makanan cadangan di musim dingin
Makanan yang dulu diucapkan chim-chae atau ‘sayuran’ ini adalah makanan cadangan penduduk Korea di musim dingin, di mana tanaman tidak tumbuh. Kimchi dipilih karena bisa bertahan berbulan-bulan di bawah tanah dengan onggi (pot tanah liat).

Tanah baru digali ketika musim dingin tiba, agar kimchi bisa dimakan bersama keluarga. Seiring pesatnya teknologi, orang Korea bahkan menciptakan kulkas khusus untuk menyimpan kimchi.

Punya banyak jenis
Penduduk Korea menyantap kimchi setiap hari sebagai pelengkap makanan. Menariknya lagi, karena ada berbagai resep, varian kimchi bertambah banyak, yaitu 187 jenis di dunia. Bukan cuma terbuat dari sawi putih, melainkan juga berbahan lobak dan sayuran lainnya.

Saat musim berganti, kimchi yang dimakan pun berbeda. Misalnya di musim semi, penduduk Korea mengonsumsi pa kimchi. Lalu di musim panas, oi sobaga atau kimchi mentimun. Di musim gugur dan dingin, kimchi lobak menjadi favorit.

Segudang manfaat
Seperti dilaporkan Health Magazine, kimchi adalah satu dari lima makanan tersehat di dunia. Kimchi mengandung probiotik, terutama lactobacilli yang berkhasiat untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Bumbu cabai yang digunakan kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C yang bisa mencegah kanker. Tak heran, makanan ini ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Bisa disulap jadi bahan utama
Selain fungsinya makanan utama yang disantap bersama nasi, kimchi dapat digunakan sebagai bahan utama untuk diolah menjadi hidangan lezat.

Beberapa olahan kimchi yang terkenal antara lain kimchi bokkeumbap (nasi goreng kimchi), kimchi jjigae (sup pedas), kimchijeon (pancake kimchi), sup kimchi, kimchi mandu (pangsit kimchi), dan kimchi ramen. Enam olahan ini enak, menyehatkan dan menyegarkan. [GP]

SHARE