Nikmati Makanan di Kapal Pesiar dengan Cara Tepat - Male Indonesia
Nikmati Makanan di Kapal Pesiar dengan Cara Tepat
Gading Perkasa | Relax

Kapal pesiar biasanya menyajikan menu prasmanan untuk para tamu. Bagi yang doyan makan, tentu saja konsep ini sangat menyenangkan.

Photo: MaxPixel

Namun, menu prasmanan bisa saja memicu penyakit jika tak disantap dengan cara tepat. Sakit saat liburan di kapal pesiar bikin liburan Anda berantakan.

Seperti dilansir dari Cruise Critic, berikut cara menikmati makanan di kapal pesiar dengan cara yang tepat.

Menyantap es krim
Menu prasmanan di kapal pesiar biasanya menyajikan es krim yang bisa langsung diambil tamu. Bersihkan corong mesin es krim dengan tisu bersih sebelum menggunakannya. Hindari pemakaian cone es krim yang mungkin sudah tersentuh tamu lain, siapkan mangkuk.

Menggunakan saus
Botol sambal, kecap, dan bumbu lainnya yang tersaji di prasmanan boleh jadi mengandung bakteri dari tangan-tangan tamu sebelumnya. Bersihkan botol saus atau bumbu dengan tisu bersih sebelum digunakan agar tak tertular bakteri.

Makan sushi
Praktis, inilah salah satu alasan kuat mengapa banyak orang mau menyantap sushi. Akan tetapi, jika sushi terlalu lama di meja prasmanan, jangan dimakan agar terhindar sakit perut akibat menyantap hasil laut mentah yang sudah tidak segar.

Telur orak-arik
Sama seperti sushi, telur orak-arik yang sudah lama tersaji biasanya kehilangan kesegaran dan dapat menyebabkan sakit perut. Daripada mengambil risiko, tak ada salahnya Anda meminta pelayan menyajikan telur orak-arik yang dimasak terlebih dahulu.

Pizza
Pizza yang sudah lama biasanya diberi taburan keju lebih banyak agar tampak baru. Kalau Anda tak ingin kecewa dengan rasa pizza yang kurang enak, cari makanan lain.

Informasikan kepada pelayan
Bila Anda melihat tamu menaruh kembali makanan yang sudah diambil dengan tangan, atau sendok makanan ditaruh tidak pada tempatnya, kotoran masuk ke makanan, segera kabarkan pelayan. Sehingga mereka bisa melakukan penggantian makanan atau alat makan.

Tidak makan berlebihan
Menu prasmanan memang menggoda tamu untuk mengambil makanan dalam jumlah banyak. Ketahuilah, cara makan seperti ini bisa membuat berat badan Anda naik drastis.

Makanlah satu piring sekali santap. Jika belum kenyang, baru Anda ambil piring kedua. Mengambil makanan terlalu banyak akan sia-sia, akhirnya makanan tersebut tidak habis.

Kurangi makanan manis
Buat Anda yang ingin tetap menjaga kondisi tubuh selama wisata kapal pesiar, kurangi makanan manis, seperti kue. Beri waktu khusus untuk menyantap makanan manis, seperti siang hari. [GP]

SHARE