Aprilia Siapkan Motor Sport Kelas Entry Level - Male Indonesia
Aprilia Siapkan Motor Sport Kelas Entry Level
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Tidak mau kalah dengan pabrikan Jepang, Aprilia sedang menyiapkan motor sport untuk kelas entry level. Pabrikan asal Italia itu rencananya mengusung produk berkapasitas 250 cc untuk tahun 2020. Atau setidaknya, bisa dikenalkan di pameran EICMA 2019.

Photo: aprilia.com

Seperti dikutip dari Motosaigon, Aprilia bukan cuma menggarap pasar untuk motor 250 cc, melainkan juga 400 cc. Dengan kapasitas seperempat liter, bisa menjadi tahapan awal bagi pemula sebelum beralih ke motor yang lebih besar.

Selain dirancang khusus pemula, motor ala superbike tersebut tetap dibekali serangkaian fitur dan teknologi keselamatan canggih.

Aprilia 250 cc itu disematkan kata ‘RS’. Sehingga diharapkan bakal mewariskan desain keluarga Aprilia RS. Seperti suspensi depan upside down dan rem depan belakang ABS. Tak lupa pula tampilan sportbike khas motor Italia.

Sejatinya, Aprilia mesin compact pernah hadir, hanya saja masih mengusung mesin 2 tak yang diproduksi dari tahun 1995 hingga 2004. Tampilannya sporty dan kental dengan gaya racy. Ciri khas yang selalu dipertahankan hingga produksi terakhir, dua buah lampu dan fairing aerodinamis.

Unit terakhir Aprilia RS 2 tak sudah menggunakan shock absorber belakang yang dapat disesuaikan, Aprilia Progressive System (APS). Belum lagi cakram depan dengan kaliper Brembo dan panel instrumen digital.

Mesinnya berpendingin cairan, dipadukan transmisi manual enam percepatan, menghasilkan torsi 40 Nm dan puncak tenaga 72 HP. Bentuk mesinnya berkonfigurasi twin 90 derajat ala Aprilia. Kecepatan tertinggi yang ditorehkan 198 km/jam, angka menakjubkan untuk motor berkapasitas 250 cc.

Jika teknologi dan fitur tersebut dipertahankan dan diturunkan ke RS bermodel 4 tak, tentu bakal menjadi pesaing berat di kelas 250 cc.

Sebelumnya, Aprilia sempat memproduksi motor dengan kapasitas kecil, yaitu RS 150 dan Tuono 150. Keduanya telah diluncurkan di India pada 2018. Tak heran bila kini mereka menyiapkan produk dengan kapasitas ‘sedikit’ besar.

Ketika masuk ke tanah air, Aprilia 250 tentu akan bersaing langsung dengan motor sport lain yang sudah lebih dulu hadir. Misalnya saja Honda CBR 250 RR, Yamaha R 25, Kawasaki Ninja 250, dan KTM RC 250. Persaingan di kelas ini bakal bertambah ketat. [GP]

SHARE