Daya Tarik Bukan Penampilan, Tapi Ungkapan Emosi - Male Indonesia
Daya Tarik Bukan Penampilan, Tapi Ungkapan Emosi
Sopan Sopian | Relationships

Ketika Anda berbicara tentang daya tarik, Anda memikirkan penampilan, yang merupakan sesuatu yang tidak bisa Anda kendalikan. Atau Anda akan memikirkan karakter. Tetapi para peneliti telah menemukan faktor tersembunyi lain yang merupakan kunci untuk menentukan daya tarik seseorang.

Photo by Andre Furtado from Pexel

Dalam satu penelitian, peserta wanita diminta menonton klip video pria yang mengekspresikan emosi secara berbeda. Kemudian mereka ditanya siapa yang menurut mereka lebih menarik. Ternyata jika mereka memahami emosi itu dengan lebih baik, mereka menganggapnya lebih menarik. 

Temuan semacam itu cukup mengejutkan sehingga biasanya orang menganggap orang yang keren dan misterius lebih menarik. Sebaliknya, semakin Anda mengekspresikan emosi Anda, dan semakin mudah emosi Anda dibaca, semakin menarik Anda jadinya.

Eksperimen ini dilakukan oleh Silke Anders, seorang profesor Ilmu Sosial dan Afektif Neuroscience di University of Lubeck di Jerman. Seperti tertulis dalam laman Lifehack, selain bertanya kepada mereka yang lebih menarik, para peneliti juga mengukur aktivitas otak mereka. Dan memang ada peningkatan aktivitas di area otak yang bertanggung jawab untuk memproses seberapa menarik seseorang, ketika mereka yakin tentang emosi para pria.

Studi lain mendapat hasil yang serupa. Kali ini alih-alih sukarelawan klip video diminta untuk mengamati foto enam pria yang berbeda, yang menunjukkan emosi pada tingkat yang berbeda. Ternyata mereka yang tidak mengekspresikan banyak emosi adalah yang paling tidak menarik. Lalu bagaimana cara untuk mengekspresikan emosi itu?

Bahasa Umum
Cobalah menggunakan beberapa bahasa umum dengan lawan bicara Anda. Misalnya, jika dia selalu menggunakan kata "Ya ampun...", cobalah untuk menggunakannya juga, tapi jangan terlalu sering untuk mengekspresikan perasaan mengejutkan itu. 

Ketika Anda mengikutinya, orang tersebut akan memiliki pemahaman yang lebih kuat tentang bagaimana perasaan Anda saat Anda berbicara dalam bahasa yang sama.

Tersenyum
Kapan pun Anda tidak tahu bagaimana menunjukkan ekspresi Anda, tersenyumlah saja. Ini dapat menunjukkan keramahan Anda dan orang-orang akan tahu Anda mudah didekati meskipun Anda tidak terlalu ekspresif.

Gerakan Tangan
Jangan mengabaikan kekuatan tangan Anda. Ingat ketika orang berdebat mereka sering melakukannya dengan tangan mereka? Ingat bagaimana para pemimpin karismatik membujuk dengan tangan mereka? Tangan Anda banyak bercerita.

Kemarahan, kebencian, kegugupan, kegembiraan, dan lain sebagainya. Selalu bebaskan tangan Anda dan biarkan mereka menari di udara. Orang akan mendapatkan yang Anda maksud jauh lebih baik. *** (SS)

SHARE