Kutai Kartanegara, Potensi Wisata di Tanah Borneo - Male Indonesia
Kutai Kartanegara, Potensi Wisata di Tanah Borneo
Gading Perkasa | Relax

Beberapa waktu lalu Presiden RI, Joko Widodo memutuskan bahwa sebagian wilayah Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur bakal menjadi ibukota baru Indonesia.

Photo: wikimedia commons

Khusus wilayah Kutai Kartanegara, rupanya banyak potensi wisata terpendam di sana. Dengan luas mencapai 27 ribu kilometer persegi, wilayah ini cocok buat Anda yang berjiwa petualang serta menyukai sejarah.

Mau tahu potensi wisata apa saja yang ada di Kutai Kartanegara? Berikut ulasannya untuk Anda.

Pulau Kumala
Pulau Kumala merupakan wilayah mini yang terletak di Sungai Mahakam. Persisnya, membentang di sebelah barat Kota Tenggarong.

Kalau dari pusat Kota Samarinda, jaraknya sekitar 27 kilometer. Berada di tengah sungai, Pulau Kemala memiliki berbagai atraksi seperti gokart, taman bermain hingga sky tower untuk melihat pemandangan di sekitarnya.

Wisata kuliner gence haruan
Anda mencari kuliner khas Kutai Kartanegara? Cobalah gence haruan. Inilah olahan ikan dengan rempah yang dimasak lewat berbagai cara.

Gence haruan menggunakan ikan haruan atau gabus. Umumnya, ikan dibakar atau dipanggang dan dicampur menggunakan racikan tomat, cabai dan bawang merah. Sangat mudah Anda menemukannya di sejumlah tempat makan di Tenggarong.

Bukit Bangkirai
Kutai Kartanegara juga punya hutan wisata yang seru. Bukit Bangkirai terletak di kawasan Samboja.

Di dalamnya, terdapat kurang lebih 2.800 jenis flora dan fauna yang didominasi jenis pohon dipterocarpaceae, khususnya shorea laevis (bangkirai), 3.000 jenis jamur, 13 jenis rotan, 24 jenis anggrek termasuk anggrek hitam, 113 jenis burung dan masih banyak jenis mamalia serta serangga.

Museum Mulawarman
Salah satu destinasi wisata sejarah populer di Kutai Kartanegara adalah Museum Mulawarman. Tempat ini tadinya adalah istana Kesultanan Kukar yang dibangun tahun 1963.

Umumnya, barang-barang di dalam museum berisi peninggalan sejarah yang digunakan Kesultanan. Seperti pakaian, tombak, keris, prasasti dan keramik. Tidak heran, banyak wisatawan napak tilas bermacam-macam saksi bisu kerajaan tersebut.

Bertemu orangutan


Photo: wikimedia commons

Di wilayah Samboja, ada kawasan penyelamatan orangutan yang terkenal, Samboja Lestari. Letaknya di Jalan Balikpapan-Handil Km 44, Kutai Kartanegara. Di sana, wisatawan bisa melihat orangutan serta bercengkerama dan mengetahui hidupnya di alam bebas.

Wilayah Samboja memiliki 7 pulau, namun hanya 2 yang boleh didatangi wisatawan. Sisanya, digunakan untuk konservasi orangutan yang hidup di alam liar atau diselamatkan dari wilayah lain. [GP]

SHARE