Titik Penting The Used di Kancah Permusikan - Male Indonesia
Titik Penting The Used di Kancah Permusikan
Gading Perkasa | News

Berdiri di Utah, Amerika Serikat pada 2001, The Used sudah cukup senior. Tentunya, mereka jadi sosok tersohor saat membahas musik emo. Dengan formasi Bert McCracken (vokal), Jeph Howard (bas), Dan Whitesides (drum), dan Joey Bradford (gitar), mereka sukses melewati tahun demi tahun dengan tujuh album.

Photo: Derrick Austinson/flickr

Karena itulah, banyak sekali titik penting penuh makna yang telah mereka alami. Mulai awal berdiri, suka duka mereka selama bermusik, dan lain-lain.

Berdirinya The Used
Hanya sedikit band yang langsung menemukan jalannya usai menyuarakan rilisan pertama mereka. Bagi The Used, satu album rasanya sudah cukup mengantar mereka ke arah positif.

Pasca merilis debut album self-titled, album tersebut langsung memberikan ruang bagi mereka untuk tampil di gelaran-gelaran besar yang krusial dalam membentuk dan memantapkan mereka.

Album pertama berisi single macam The Taste of Ink, Burried Myself Alive, dan Blue and Yellow mampu menggiring mereka ke atas panggung festival keren kala itu. Mereka menjadi supporting act Box Car Racer, masuk ke dalam lineup Ozzfest, serta bermain di panggung Warped Tour.

Cerita di balik album kedua
The Used kian terkenal berkat ekspos dari hubungan Bert, sang vokalis dengan Kelly Osbourne, anak Ozzy Osbourne. Hubungan itu tak bertahan lama. Kisah memilukan hadir di album kedua mereka, yang menjadi album tersukses The Used.

Judul dan musik yang digubah di album ini banyak diambil dari kejadian yang menimpa Bert, di mana mantan kekasihnya meninggal dunia akibat overdosis narkoba. Atas kejadian itu, album kedua mereka dinamakan In Love and Death.

Dengan single ikonik seperti Take it Away dan All That I’ve Got, album tersebut sangat laris di kalangan penikmat musik mereka.

Under Pressure bersama My Chemical Romance
The Used bersama My Chemical Romance sempat menjalin kolaborasi dan mengaransemen salah satu lagu tersohor milik Queen, Under Pressure, lagu yang ditulis dengan David Bowie.

Versi cover mereka bahkan sempat masuk ke dapur rekaman dan dijadikan sebagai bonus trek di edisi perilisan ulang In Love and Death milik The Used. Serta dirilis sebagai single lepas demi menggalang dana untuk korban tsunami di kawasan Asia Tenggara pada 26 Desember 2004.

Perayaan 15 tahun The Used
15 tahun bermusik, mereka tak sekadar menggelar perayaan yang biasa saja. Melainkan tur yang mengunjungi kota-kota di AS, Eropa, dan Amerika Utara. Terhitung, mereka menghabiskan tahun 2016 dengan tur ini.

The Used memanfaatkan kesempatan ini untuk merilis album bertajuk Live & Acoustic at the Palace pada April 2016. Baik materi album live dan rangkaian tur tersebut menjadi momen istimewa bagi The Used. [GP]

SHARE